PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

Rosita, Novolia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ROSITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Blended Learning adalah metode belajar yang menggabungkan dua atau lebih metode pendekatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaraan tersebut. Menurut Whitelock dan Jelfs terdapat tiga definisi untuk pembelajaran blended learning yaitu: kombinasi yang terintegrasi pembelajaran tradisional dengan pendekatan online berbasis web, kombinasi media dan alat pembelajaran dalam lingkungan e�learning, dan kombinasi beberapa pendekatan online berbasis web, kombinasi media dan alat pembelajaran dalam lingkungan e�learning, dan kombinasi beberapa pendekatan dalam pendidikan dengan pembelajaran menggunakan teknologi. E-LKPD merupakan lembar kerja peserta didik yang dikemas dengan menggunakan kemajuan teknologi elektronik. Metode peenlitian yaitu Quasi Eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian yaitu kelas XI mipa 5 sebagai kelas control dan kelas XI mipa 6 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen mengguankan model Blended Learning berbantu E-LKPD sedangkan kelas control menggunakan model Discovery Learning. Uji prasyarat normalitas denganmenggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Kelas eksperiment terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah dari pretest dan postest > 42 poin dengan perhitungan nilai N_gain sebesar 0,70. Sementara pada kelas control, terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah dari pretest dan posttest < 42 poin dengan perhitungan nilaiN_gain sebesar 0,40. Kata Kunci: Blended Learning; E-LKPD; Kemampuan Pemecahan Masalah; dan Motivasi Belajar ABSTRACT Blended Learning is a learning method that combines two or more approaches to learning to achieve the goals of the learning process. According to Whitelock and Jelfs there are three definitions for blended learning, namely: a combination of integrated traditional learning with web-based online approaches, a combination of media and learning tools in an e-learning environment, and a combination of several web-based online approaches, a combination of media and learning tools in an e-learning environment. e-learning, and a combination of several approaches in education with learning using technology. E-LKPD is a student worksheet packaged using advances in electronic technology. The research method is Quasi Experiment with pretest�posttest control group design. The research samples were class XI mipa 5 as the control class and class XI mipa 6 as the experimental class which were selected using the Cluster Random Sampling technique. The experimental class uses the Blended Learning model assisted by the E-LKPD while the control class uses the Discovery Learning model. Test the prerequisites for normality using the Liliefors test and homogeneity test using the Fisher test. In the experimental class, there was an increase in the value of problem solving ability from the pretest and posttest > 42 points with a calculation of the N_gain value of 0.70. While in the control class, there was an increase in the value of problem solving abilities from the pretest and posttest <42 points with a calculation of the N_gain value of 0.40. Keywords: Blended Learning Model; E-LKPD; Problem Solving Ability; and Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:58
Last Modified: 16 Aug 2023 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29755

Actions (login required)

View Item View Item