PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VI MI DA’ARUL MA’ARIF

Muhammad, Akbar Al Afif (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VI MI DA’ARUL MA’ARIF. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Muhammad Akbar Al Afif.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini pendidik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran PKN perlunya memakai metode pembelajaran yang dapat membuat nilai peserta didik memenuhi KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan metode brainstroming berbantuan media rolling ball games terhadap hasil belajar PKN pada peserta didik kelas VI MI Daarul Maarif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperimen. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretes dan posstes dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MI Daarul Maarif dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelasnya diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksmperimen tersebut adalah kelas VI Cdan untuk kelas kontrol adalah kelas VI A dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dri buku-buku tentang metode Brainstroming dan jurnal-jurnal yang terkait dengan metode Brainstroming dalam pembelajaran PKN. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat dikatakan bahwa pengaruh metode pembelajaran brainstroming berbantuan media rolling ball games terhadap hasil belajar PKN peserta didik kelas VI A di MI Daarul Ma‟aruf Lampung Selatan dapat dilihat dari rata-rata pretes pada kelas eksperimen yaitu 46,97 dan nilai posttes 81,43 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dari rata-rata nilai pretes 46,50 dan nilai posttes 73,83 hasil penelitian juga menunjukan bahwa uji-T melalui aplikasi SPSS Statistic V For Windows diperoleh nilai sig < 0,005 (5%) pada sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,005 (5%) dari jumlah 28 peserta didik. Dari kedua nilai tersebut terdapat perubahan nilai dari sebelum diberi perlakuan dengan sesudah perlakuan. Kata Kunci : Metode Brainstroming, Media Rolling Ball Games, Hasil Belajar, PKN. iii ABSTRACT The problem in this study is that educators still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, this results in the value of student learning outcomes still not reaching the minimum completeness criteria (KKM), therefore the researcher concludes that in PKN learning it is necessary to use learning methods that can make student scores meet the KKM. The purpose of this study was to see the effect of using the brainstorming method assisted by roll all games media on PKN learning outcomes in class VI MI Daarul Maarif students. This research is a quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experiment. This type of research used a pretest and posttest in the experimental class and the control class. This research was conducted at MI Daarul Maarif with the sampling technique in this study, namely the Cluster Random Sampling technique. Sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class VI C and for the control class is class VI A with data collection techniques using tests. Data were obtained from books on the Brainstorming method and journals related to the Brainstorming method in PKN learning. Based on the results of data analysis, it can be said that the influence of the brainstroming learning method assisted by rolling ball games media on PKN learning outcomes of class VI A students at MI Daarul Ma'aruf South Lampung can be seen from the average pretest in the experimental class, namely 46.97 and the score post-test 81.43 higher than the learning outcomes of students in the control class with an average pre-test score of 46.50 and a post-test score of 73.83. The results also show that the T-test through the SPSS Statistics V For Windows application obtained a sig value <0.005 (5%) on sig (2-tailed) obtained 0.000 < 0.005 (5%) from a total of 28 students. From these two values there is a change in value from before being given treatment to after treatment. Keywords : Brainstorming Method, Rolling Ball Games Media, Learning Outcomes, PKN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:48
Last Modified: 16 Aug 2023 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29753

Actions (login required)

View Item View Item