KOMUNIKASI PERSUASIF DA„I DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PADA ANAK DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL AT-TANWIR KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Erni, Syahromi (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DA„I DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PADA ANAK DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL AT-TANWIR KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab1 2 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERNI SYAHROMI-1941010095.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam lingkup pendidikan, pengurus atau ustadz dan ustadzah sebagai pengganti orang tua santri di pondok pesantren. Seorang da‘i memiliki peran penting terhadap anak untuk mengarahkan kepada hal�hal yang baik dan untuk lebih mengetahui anjuran agama Islam yang sebenarnya, khusunya pada pembentukan akhlak. Dengan ini, tentulah seorang da‘i harus memiliki keterampilan dalam mendesain komunikasi persuasif agar terbentuknya akhlak yang baik pada santri. Yang mana pengertian dari komunikasi persuasif adalah perilaku komunikasi yang tujuannya mengubah, memodifikasi, atau membentuk sikap dan perilaku dari komunikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana komunikasi persuasif da‘i dalam pembentukan karakter Islami pada anak di Muhammadiyah Boarding School At-Tanwir Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh da‘i dalam pembentukan karakter Islami pada anak santri di Muhammadiyah Boarding School At-Tanwir Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian berdasarkan hasil dari lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari pengurus atau penangggung jawab pesantren, dan sumber data sekunder yang mana diambil dari buku, jurnal, penelitian lapangan, maupun dokumen-dokumen atau arsip yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pegumpulan data yang digunakan oleh penulis yakni dengan menggunakan metode, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode komunikasi persuasif yang digunakan oleh pengurus Muhammadiyah Boarding School At�Tanwir dengan melakukan metode integrasi (kemampuan para pengurus dalam menyampaikan pesan dengan cara adaptasi kepada santri), metode fear arousing (mengkomunikasikan pesan dalam bentuk ucapan atau kalimat yang mengajak seseorang agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain) dan metode tataan (teknik menyusun suatu pesan dalam iv komunikasi secara sistematis). Dan dalam prosesnya dengan melalui tahapan attention (perhatian), comprehension (pemahaman), learning (belajar), acceptance (penerimaan), retention (penyimpanan). Terdapat hambatan dalam pembentukan karakter islami pada anak ialah, yakni pada Niatan dari diri anak itu sendiri, Faktor keluarga, Keterbatasan SDM, Keterbatasan waktu, serta pergaulan atau faktor lingkungan, karena sekolah yang masih bergabung antara anak pondok dengan anak luar. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Karakter Islami v ABSTRACT In the scope of education, administrators or ustadz and ustadzah as a substitute for parents of students in Islamic boarding schools. A da'i has an important role for children to direct them to good things and to know more about the true recommendations of the Islamic religion, especially in the formation of morals. With this, of course a da'i must have skills in designing persuasive communication so that good morals are formed in students. Which understanding of persuasive communication is communication behavior whose goal is to change, modify, or shape the attitudes and behavior of the communicant. The formulation of the problem in this study is how persuasive da'i communication in the formation of Islamic character in children at Muhammadiyah Boarding School At-Tanwir, Sukarame District, Bandar Lampung. The purpose of this research is to find out the methods and processes of persuasive communication carried out by preachers in the formation of Islamic character in students of students at the Muhammadiyah Boarding School At-Tanwir, Sukarame District, Bandar Lampung. This study used a qualitative method with the type of field research (field research), namely research based on results from the field. The data sources used are primary data taken from the board or person in charge of the pesantren, and secondary data sources which are taken from books, journals, field research, as well as documents or archives related to the object of research. The data collection technique used by the author is by using the method of interviews, observation and documentation. The results of this study are persuasive communication methods used by Muhammadiyah Boarding School At-Tanwir management by carrying out the integration method (the ability of administrators to convey messages by adapting to students), the fear arousing method (communicating messages in the form of speech or sentences that invite someone not to take actions that are detrimental to himself and others) and the method of arrangement (the technique of compiling a message in systematic communication). And in the vi process by going through the stages of attention, comprehension, learning, acceptance, retention. There are obstacles in the formation of Islamic character in children, namely the intention of the child himself, family factors, limited human resources, limited time, as well as association or environmental factors, because schools are still joined by in-school children and outside children. Keywords : Persuasive Communication, Islamic Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:56
Last Modified: 16 Aug 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29747

Actions (login required)

View Item View Item