KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMP DWIPA KARYA MANDIRI BAKUNG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG

MEI, LINDA HANDAYANI (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMP DWIPA KARYA MANDIRI BAKUNG UDIK KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat proses kepemimpinan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru dan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, tiga orang guru dan dua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kepala sekolah mengarahkan guru dalam meningkatkan kedisiplinan dengan cara pagi-pagi kepala sekolah mengawasi guru yang hadir, selalu memberikan arahan, baik di rapat atau di luar rapat. Kepala sekolah membina guru dalam meningkatkan kedisiplinan dengan peraturan yang kepala sekolah terapkan dalam pembinaan kedisiplinan guru dengan cara mengumpulkan para guru diruang rapat lalu kepala sekolah memberi arahan setelah itu terbit tata tertib, hukuman yang kepala sekolah berikan dalam pembinaan kedisiplinan guru jika ada yang melanggar peraturan yang sudah ditetapkan dengan cara diberi teguran langsung dari kepala sekolah. Kepala sekolah memberi teladan yang baik pada guru-guru dalam meningkatkan kedisiplinan guru dengan cara datang pagi sebelum warga sekolah datang agar bisa memantau guru-guru yang cepat dan telat datang, memperbarui tata tertib, menjaga hubungan baik dengan semua guru, menjadi teladan, memberikan motivasi saat rapat, membantu guru yang mengalami kesulitan/masalah dalam pembelajarannya, segera menindak guru yang melanggar peraturan, menyiapkan fasilitas penunjang yang dibutuhkan dalam proses meningkatkan kedisiplinan guru dengan cara memfasilitasi prasarana syang baik guna meningkatkan kedisiplinan guru seperti dengan adanya absen guru menggunakan finger print. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kedisiplinan. iv ABSTRACT In this study, researchers wanted to see the leadership process carried out by the principal in improving teacher discipline. The purpose of this study is to find out how the discipline of teachers and to find out how the process of implementing the principal's leadership in improving teacher discipline. This research uses qualitative research methods. The data sources of this research are the principal, three teachers and two students. Data collection techniques in this study used observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques are done by data reduction, data display, and data verification. The results of this study indicate that, the principal directs teachers in improving discipline by early in the morning the principal supervises teachers who are present, always giving directions, either in meetings or outside meetings. Principals foster teachers in improving discipline by the rules that principals apply in fostering teacher discipline by gathering teachers in the meeting room then the principal gives direction after that the rules are published, the punishment that principals give in fostering teacher discipline if someone violates the rules that have been set by being given a direct warning from the principal. The principal sets a good example for teachers in improving teacher discipline by arriving early in the morning before the school community arrives so that they can manipulate the teachers' discipline. Keywords: Leadership, Discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:43
Last Modified: 16 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29744

Actions (login required)

View Item View Item