PENGARUH MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Risma, Juwita (2023) PENGARUH MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISMA JUWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pendidikan merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan.Penelitian ini membahas tentang manajemen peningkatan mutu pembelajaran terhadap kinerja guru di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru dalam perencanaan proses pembelajaran serta pengelolaan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen peningkatan mutu pembelajaran terhadap kinerja guru di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengguanakan metode descriptive asosiatif.Sumber data yang diperoleh merupakan data primer.Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Sedangkan teknik penentuan sampel dengan cara simple random sampling diperoleh 53 sampel. Adapun proses analisis data menggunakan Analisis Regresi Sederhana, dengan manajemen peningkatan mutu pembelajaran sebagai variable bebas (independent) dan Kinerja guru sebagai variable terikat (dependen). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, hasil pengujian hipotesis manajemen peningkatan mutu pembelajaran menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,825>1,67528 atau positif dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ha dan menerima H0 dan diperoleh nilai regresi linier Y =15,452+0,900, sig level 0,001<0,05 (nilai alpha), berdasarkan output yang diperoleh sebesar 0,900 artinya jika manajemen peningkatan mutu semakin baik maka kinerja guru akan mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Rekomendasi pada penelitian ini adalah setiap guru diharapkan dapat selalu memperhatikan bagaimana proses pembelajaran berlangsung, respon siswa terkait pembelajaran juga perlu dipehatikan guna menjadikan siswa yang cakap dan tanggap dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran, Kinerja Guru iii ABSTRACT The quality of education is important in the world of education. This study discusses the management of learning quality improvement on teacher performance at MAN 1 Bandar Lampung. This research is motivated by the lack of teacher attention in planning the learning process and managing the learning process. This study aims to determine how the effect of learning quality improvement management on teacher performance at MAN 1 Bandar Lampung. This research is a quantitative study using the associative descriptive method. The data source obtained is primary data. The data collection technique uses a questionnaire distributed to respondents. While the technique of determining the sample by means of simple random sampling obtained 53 samples. The data analysis process uses Simple Regression Analysis, with learning quality improvement management as the independent variable and teacher performance as the dependent variable. Based on the results of research conducted by the author, the results of testing the hypothesis of learning quality improvement management show the t value of 7.825> 1.67528 or positive with a significant level of 0.001 <0.05, which means that the hypothesis in this study rejects Ha and accepts H0 and obtained a linear regression value of Y =15.452 + 0.900, sig level 0.001 <0.05 (alpha value), based on the output obtained of 0.900, it means that if quality improvement management is getting better, teacher performance will increase. Therefore, it can be concluded that Learning Quality Improvement Management has a significant influence on teacher performance. The recommendation in this study is that every teacher is expected to always pay attention to how the learning process takes place, student responses related to learning also need to be considered in order to make students capable and responsive in the learning process. Keywords: Learning Quality Improvement Management, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:36
Last Modified: 16 Aug 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29743

Actions (login required)

View Item View Item