FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH (ZIS) MELALUI DIGITAL FUNDRAISING PADA BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi pada Masyarakat Bandar Lampung)

HERA, MEIDY PUTRI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAQ, SHADAQAH (ZIS) MELALUI DIGITAL FUNDRAISING PADA BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi pada Masyarakat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HERA MEIDY PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bandar Lampung merupakan salah satu kota yang juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan mengenai penghimpunan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) yaitu pengumpulan zakat sepanjang 2020-2021 melampui target peningkatan penghimpunan yang notabennya sebesar 85% penghimpunan dana di BAZNAS Kota Bandar Lampung dihimpun secara digital. Jenis zakat yang dibayarkan oleh masyarakat Bandar Lampung melalui digital fundraising paling banyak adalah zakat profesi hal ini karena kebanyakan masyarakat Bandar Lampung bekerja sebagai PNS, Pegawai BUMN, pegawai BUMD, Karyawan swasta . Pembayaran zakat, infaq, dan shadaqah pada BAZNAS Kota Bandar Lampung bisa di lakukan melalui transfer dan melalui beberapa platform seperti dalam bentuk website, barcode dan berbagai aplikasi seperti Gopay, OVO, Shopee Pay, Dana, LinkAja, Go Mobile, dan Sakuku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah nonprobability sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan dengan skala likert. Sampel peneltian diambil dengan metode accidental sampling dengan besar sampel 100 responden berdasarkan rumus Lemeshow. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik jawaban. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan f Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan, faktor sosial dan Religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat membayar zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) melalui digital fundraising di kota Bandar Lampung. Sedangkan variable Pengetahuan.,Faktor sosial, dan religiusitas secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam membayar zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) melalui digital fundraising. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa membayar membayar zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) melalui digital fundraising dalam prespektif ekonomi islam sudah sesuai dengan syariah dan dengan fatwa No: 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang transaksi keuangan digital. Akad yang dapat digunakan adalah akad ijarah akad ju’alah, dan aakad wakalah nil ujrah Kata Kunci: Keputusan, Pengetahuan, Faktor Sosial, Religiusitas.ABSTRACT Bandar Lampung is one of the cities that has also experienced a significant increase in the collection of zakat, infaq, and alms (ZIS) funds, namely the collection of zakat throughout 2020-2021, exceeding the target of increasing collection, which incidentally amounted to 85% of fundraising at the BAZNAS of Bandar Lampung City. digitally. The most common type of zakat formed by the people of Bandar Lampung through digital fundraising is professional zakat because most of the people of Bandar Lampung work as civil servants, BUMN employees, BUMD employees, private employees and others. Payment of zakat, infaq, and shadaqah at BAZNAS in Bandar Lampung City can be done via transfer and through several platforms such as in the form of websites, barcodes and various applications such as Gopay, OVO, Shopee Pay, Dana, LinkAja, Go Mobile, and Sakuku. In this study the authors used quantitative research methods. In this study the technique used is nonprobability sampling. Collecting data in this study using a questionnaire developed with a Likert scale. The research sample was taken by accidental sampling method with a sample size of 100 respondents based on the Lemeshow formula. Data analysis in this study used descriptive analysis to determine the characteristics of the answers. The results showed that the variables of knowledge, social factors and religiosity partially had a positive and significant effect on people's decisions to pay zakat, infaq, and shadaqah (ZIS) through digital fundraising in the city of Bandar Lampung. While the variables Knowledge, social factors, and religiosity together have a significant effect on people's decisions in paying zakat, infaq, and shadaqah (ZIS) through digital fundraising. The results of the study also show that paying zakat, infaq, and shadaqah (ZIS) through digital fundraising in an Islamic economic perspective is in accordance with sharia and with fatwa No: 116/DSN-MUI/IX/2017 concerning digital financial transactions. Keywords: Decision, Knowledge, Social Factors, Religiosity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:32
Last Modified: 16 Aug 2023 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29742

Actions (login required)

View Item View Item