PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOFEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIKKELAS X MATERI DIMENSI TIGA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

WAHYU NINGRUM , UMMUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOFEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIKKELAS X MATERI DIMENSI TIGA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS PESERTA DIDIKKELAS XMATERI DIMENSI TIGA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh UmmulWahyuNingrum Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyakemampuanpemahamankonsepmatematis pesertadidikkhususnyapadabidanggeometri, haltersebutdipengaruhiolehpenggunaan modelpembelajaran yang kurangtepat, melihatpermasalahantersebut, penulistertarikuntukmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebra.Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterda patpengaruhmodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebra, terhadappemahamankonsepmatematispesertadidik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, populasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelasX SMA Negeri 12 Bandar Lampung, teknikpengambilansampelnyamenggunakanacakkelas, sehinggakelas X.3 sebagaikelaseksperimen 1menerapkan model kooperatiftipe STAD, kelasX.5sebagaikelaseksperimen 2 menerapkan model kooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebradankelasX.4sebagaikelaskontrol.Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakanAnavadanujikomparasigandamenggunakanujischeffe’. Berdasarkanhasilanalisis datamenggunakanujiAnavadiperolehnilaiF = 40,352> 3,09= F , berartiHditolak artinya terdapatpengaruhmodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebraterhadappemahamankonsepmatematispesertadidik. Pengujiandilanjutkandenganujischeffe’denganpenerimaan H untuk sertapenolakan H untuk dan .Berdasarkanhasil pengujiantersebutdiperolehkesimpulanbahwamodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebramemberikanpemahamankonsepmatematis yang lebihbaikdibandingkan model pembelajarankonvensional.Dilihat dari rata-rata marginal kelas, pesertadidikdenganpenerapanmodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebralebihtinggidibandingkan model pembelajarankonvensional. Kata Kunci :KooperatifTipe STAD, GeogebradanPemahamankonsepMatematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:52
Last Modified: 12 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item