IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN WAY KANAN NOMOR TAHUN TENTANG PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI TERPADU PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan)

Seva, Anindia Safitri (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN WAY KANAN NOMOR TAHUN TENTANG PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI TERPADU PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SEVA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dari penelitian skripsi ini adalah kerusakan lingkungan dan pencemaran sungai nampaknya masih banyak yang di lakukan oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Khususnya di daerah Kabupaten Way Kanan tepatnya di sungai Way Umpu telah terjadi pencemaran sungai yang di akibatkan oleh tambang emas illegal yang di lakukan tanpa adanya izin dari pemerintah daerah. Rumusan masalahnya adalah : ( ) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor Tahun Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu di Kabupaten Way Kanan. ( ) Bagaimana Implementasi Peraturan daerah Nomor Tahun Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu di Kabupaten Way Kanan Menurut Persepektif Fiqh Siyasah. Tujuan dari penelitian ini adalah ( ). Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor Tahun Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu di Kabupaten Way Kanan. ( ) Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Peraturan daerah Nomor Tahun Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu di Kabupaten Way Kanan Menurut Perspektif Fiqh Siyasah.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang di lakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data�data lapangan. Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder.Analisis data menggunakan analisis deksriptif kualitatif. Tekhnik yang di gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bahwa implementasi terhadap peraturan daerah nomor Tahun tentang pengelolaan daerah aliran sungai terpadu di Kabupaten Way Kanan adalah sudah berjalan dan terlaksana oleh pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan melalui dinas lingkungan hidup.Pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan melalui dinas lingkungan hidup telah melakukann berbagai macam upaya untuk mengatasi hal ini seperti melakukan sosialisasi, penertiban sampai dengan penangkapan terhadap pelaku penambang emas, akan tetapi upaya yang di lakukan belum maksimal, masih banyak oknum-oknum yang masih melakukan tambang emas illegal ini secara diam-diam. Dalam pandangan fiqh siyasah penanggulangan pencemaran iv lingkungan di sungai Way Umpu sudah sepenuhnya berjalan namun masih ada oknum yang masih melakukan tambang emas illegal tanpa adanya izin dari pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan.kemudian kajian fiqh siyasah tanfidziah adalah hubungan antara pemerintah dan rakyatnya dalam upaya menciptakan kesejahteraan dan kemaslahatan bersama.Salah satu contohnya untuk memelihara lingkungan, mencegah adanya kerusakan lingkungan yang berasal dari ulah manusia sendirin oleh sebab itu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:40
Last Modified: 16 Aug 2023 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29733

Actions (login required)

View Item View Item