HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat)

SUCITA, APRILIA (2023) HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sucita Aprilia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat hampir keseluruhan memenuhi ekonomi dengan cara bertani maka banyak perempuan yang melakukan pekerjaan seperti menjadi pekerja/buruh untuk membantu kebutuhan rumah tangga.Namun ada banyak sekali hal yang terjadi dalam perkawinan yang bisa menyebabkan perceraian ketika istri bekerja dan suami pengangguran maka suami setiap pagi yang dilakukannya ialah mengasuh anak sementara istri melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, memasak, dan mencuci baju, sementara itu suami yang harus memandikan anak yang masih balita kemudian menyuapinya, setelah istri selesai melakukan pekerjaan rumahnya kemudian yang dilakukannya ialah berangkat bekerja dengan membawa serta anaknya, sementara suami di rumah tidak bekerja. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana praktik pemenuhan hak dan kewajiban suami istri di Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat dan Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap peraktik pemenuhan hak dan kewajiban suami istri di Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk ke dalam penelitian field research atau penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis bahwa Praktik pemenuhan hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga di Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat telah dilakukan dengan baik meskipun kewajiban suami memberikan nafkah kepada keluarga dijalankan oleh istri untuk membantu ekonomi keluarga namun hal itu dilakukan karena beberapa faktor yaitu faktor pendidikan, faktor jumlah tanggungan dan faktor ekonomi yang sangat mempengaruhi para istri yang ikut membantu suami dalam mencari nafkah. Pandangan hukum Islam terhadap praktik pemenuhan hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga di Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat sudah sesuai dengan hukum Islam bahwa Islam tidak melarang seorang istri yang ingin bekerja untuk mencari nafkah, selama cara yang ditempuh tidak melenceng dari syariat Islam. Kata Kunci: Hak dan kewajiban, suami istri, hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:32
Last Modified: 16 Aug 2023 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29731

Actions (login required)

View Item View Item