TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTRI KESEHATAN NO 10 TAHUN 2021 TENTANG VAKSIN COVID-19 (Studi Di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung)

Achmad, Bimo Oktaviano (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTRI KESEHATAN NO 10 TAHUN 2021 TENTANG VAKSIN COVID-19 (Studi Di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Achmad Bimo Oktaviano.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Permenkes No.10 tahun 2021 tentang vaksin Covid. Vaksin dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka melindungi masyarakat dari virus Covid-19, namun ada peraturan didalam pelaksanaan pemberian vaksin tersebut. Seperti harus tepat sasaran, adil dan merata diberikan di berbagai macam pelayanan Kesehatan, khususnya di Puskesmas. Peneltian ini juga membahas tentang perspektif siyasah tanfidziyah tentang vaksin Covid-19. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Peraturan Mentri Kesehatan No. 10 Tahun 2021 di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung dan Bagaimana pandangan Fiqh Siyasah Tanfidziyah terhadap implementasi Peraturan Mentri Kesehatan No. 10 Tahun 2021 tentang vaksin Covid-19 di Puskesmas Kedaton Bandar lampung. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan Peraturan Mentri Kesehatan No 10 Tahun 2021 tentang Vaksin Covid 19 dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah tanfidziyah terhadap Implementasi Peraturan Mentri Kesehatan No 10 Tahun 2021 tentang vaksin Covid 19.Teknik pengumpulan data yangpenulis gunakan adalah dengan teknik: wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu data yang terkumpul dirangkum hingga mengerucut mengarah kepada inti permasalahan, kemudian data tersebut disajikan dengan menguraikan dengan bentuk penjelasan bersifat desktiptif serta mengaitkan dengan teori-teori yang sesuai dengan permasalahan yang ada, kemudian tahap terakhir ditarik kesimpulan dan saran. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung sudah dikategorikan cukup baik karna sudah mengikuti pasal-pasal atau peraturan Menteri yang ada. Dan implementasi Peraturan Mentri Kesehatan No 10 Tahun 2021 tentang vaksin Covid 19sesuai dalam pembahasan siyasah tanfidziyah yaitu bagian daripada fiqh siyasah (hukum tata negara Islam) yang membahas perihal perundang-undangan.Implementasi tersebut sesuai dengan tinjauan Islam yang ada pada HR. Bukhari: 130 tentang tanggung jawab permerintah dalam hal yang berurusan dengan masyarakat tentang wabah virus. Kata Kunci: Covid-19, Fiqh Siyasah Tanfidziyah, Permenkes, Puskesmas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:23
Last Modified: 16 Aug 2023 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29729

Actions (login required)

View Item View Item