ZAKAT BAGI YANG BERHUTANG DI BIDANG PERTANIAN DAN PERKEBUNAN DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Achmad, Akbar (2023) ZAKAT BAGI YANG BERHUTANG DI BIDANG PERTANIAN DAN PERKEBUNAN DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AKBAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan suatu kegiatan mengeluarkan sebagian tertentu harta sampai nisabnya yang diberikan ke pada orang yang berhak. Dalam islam mengatur masalah harta yang wajib dizakatkan. Masalah hutang merupakan persoalan terhangat bagi masyarakat Indonesia. Banyak orang yang hidupnya tidak terlepas dari hutang. Baik hutang itu digunakan untuk kepentingan konsumtif, untuk biaya hidup sehari�hari, maupun hutang itu digunakan untuk kepentingan produktif, untuk kepentingan bisnis dan sebagainya. Sehingga menimbulkan masalah jika dihubungkan dengan masalah zakat. Khususnya di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas dan masyarakat penghasilannya dari hasil pertanian dan perkebunan, sebagaian mereka diduga tidak berzakat dengan alasan kondisi tertentu. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu, Bagaimana Praktik Zakat Bagi Orang yang Berhutang Di Bidang Pertanian dan Perkebunan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat?dan Bagaimana Pandangan Hukum Islam Tentang Zakat Bagi Orang yang Berhutang Di Bidang Pertanian dan Perkebunan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat?. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu mencari data langsung ke lapangan dengaan melihat dari dekat objek yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa; Praktik Zakat Bagi Orang yang Berhutang Di Bidang Pertanian dan Perkebunan di Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat yaitu, masih adanya masyarakat khususnya petani di Kelurahan Dayamurni yang belum paham tentang zakat pertanian dan pekebunan dalam membayar zakat dan Pandangan Hukum Islam zakat bagi orang yang berhutang di bidang pertanian dan perkebunan. Jika hutangnya digunakan untuk kepentingan konsumtif, ia tidak wajib membayar zakat, karena keperluan hidupnya tidak terpenuhi, tidak iv termasuk orang kaya yang wajib mengeluarkan zakat. Namun yang hutang digunakan untuk keperluan produktif, orang meminjam uang untuk kepentingan bisnis, bukan untuk menutupi kebutuhan pokok tetapi pinjaman digunakan untuk menambah kekayaan. Maka dia di wajibkan membayar zakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:15
Last Modified: 15 Aug 2023 08:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29723

Actions (login required)

View Item View Item