STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PENJUALAN AYAM POTONG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Ayam Di Kecamatan Tanjung Seneng Kota Bandar Lampung)

IBRAM, ADIKA TRIO FASYA (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PENJUALAN AYAM POTONG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pedagang Ayam Di Kecamatan Tanjung Seneng Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha ayam pedaging (broiler) merupakan salah satu jenis usaha yang sangat potensial dikembangkan. Masalah mendasar yang menyebabkan penyediaan daging ayam masih kurang di Kecamatan Tanjung Senang antara lain faktor sumber daya manusia dan ketersediaan bibit. Permasalahan dari segi sumber daya manusia masih kurangnya pelatihan dan loyalitas para mitra dalam menunjang keahlian dalam pemeliharaan ayam potong. Adapun ketersediaan DOC atau bibit ayam yang masih kurang menyebabkan ketersediaan ayam potong masih kurang sehingga belum maksimal dalam memenuhi permintaan ayam potong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Dalam Mengatasi Persaingan Penjualan Ayam Potong dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam mengenai Strategi Pengembangan Usaha Dalam Mengatasi Persaingan Penjualan Ayam Potong. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan tentang semua hal yang berkaitan dengan Strategi Pengembangan Usaha Dalam Mengatasi Persaingan Penjualan Ayam Potong Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam Dimasa Pandemi “(Studi Pada Pedagang Ayam Di Kecamatan Tanjung Seneng Kota Bandar Lampung). Tekjnik Analisis data penelitian merupakan bagian integral dari proses pengujian data setelah data tersebut dipilih dan dikumpulkan. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT Berdasarkan hasil dari penelitian dan analisis data yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Strategi yang dapat dilakukan oleh peternakan ayam ini yaitu dengan memiliki peluang yang cukup baik serta kelemahan yang harus diminimalisirkan maka strategi yang tepat harus dilakukan yaitu dengan memanfaatkan strategi WO (Weakness of Opportunity) supaya usaha bisa lebih berkembang. Strategi ini memiliki total bobot skor 4,30 yang mana usaha ini mampu untuk menggunakan kelemahan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Tinjauan ekonomi Islam terhadap sistem pemasaran ayam adalah pelaku usaha ayam potong sudah memiliki kepribadian yang baik dan spiritual (takwa). Pelaku usaha juga dalam melakukan pemasaran tidak semata- mata untuk kepentingan sendiri melainkan juga untuk kepentingan bersama yaitu kepentingan konsumen dan juga kepentingan keluarga pengusaha. Terdapat pelaku usaha yang adil dalam berbisnis dimana dalam berbisnis, sikap adil akan mendekatkan pelakunya pada nilai ketaqwaan. Kata Kunci : Strategi, Persaingan, Broiler, Penjualan Ayam Potong , Ekonomi Islam. ABSTRACT Broiler business is one type of business that has the potential to be developed. The basic problem that causes the supply of chicken meat is still lacking in the District of Tanjung Selamat, among others, the factor of human resources and the availability of seeds. The problem in terms of human resources is still a lack of training and loyalty of partners in supporting expertise in raising broiler chickens. As for the availability of DOC or chicken seeds that are still lacking, the availability of broiler chickens is still lacking so that it is not maximal in meeting the demand for broiler chickens. This study aims to determine the Business Development Strategy in Overcoming Competition in the Sales of Broiler Chicken and to determine the view of Islamic economics regarding Business Development Strategies in Overcoming Competition in the Sales of Broiler Chicken. In this study, researchers used qualitative research methods. This research is used to describe all matters related to Business Development Strategies in Overcoming Competition in the Sales of Broiler Chicken from an Islamic Economic Perspective in the Pandemic Period” (Study on Chicken Traders in Tanjung Seneng District, Bandar Lampung City). Research data analysis techniques are an integral part of the data testing process after the data has been selected and collected. The method that the authors use in this study is SWOT analysis Based on the results of the research and data analysis that the authors carried out, it can be concluded as follows: The strategy that can be carried out by this chicken farm is to have good enough opportunities and weaknesses that must be minimized, the right strategy must be carried out, namely by utilizing the WO (Weakness of Opportunity) so that the business can further develop. This strategy has a total weight score of 4.30 which means that this business is able to use weaknesses to take advantage of existing opportunities. The Islamic economic review of the chicken marketing system is that chicken business actors already have a good and spiritual personality (taqwa). Business actors also carry out marketing not solely for their own interests but also for the common interest, namely the interests of consumers and also the interests of the entrepreneur's family. There are business actors who are fair in doing business where in doing business, a fair attitude will bring the perpetrators closer to the value of piety. Keywords: Strategy, Competition, Broiler, Chicken Sales, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:44
Last Modified: 15 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29720

Actions (login required)

View Item View Item