PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ERMI, CAHYANI (2023) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN SMAN 1 WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERMI CAHYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan merupakan salah satu unsur penunjang bagi sekolah khususnya di Perpustakaan SMAN 1 Way Jepara. Kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat berdasarkan indikator bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Berdasarkan fakta lapangan, masih terdapat koleksi buku yang rusak, jumlah koleksi kurang beragam, dan kurang tanggap pustakawan di Perpustakaan SMAN 1 Way Jepara. Penelitian terkait layanan perpustakaan sudah banyak dilakukan seperti penelitian yang dilakukan Ana Rizka dan Marliana Sianipar terkait layanan perpustakaan. Namun, kedua penelitian tersebut hanya melihat sikap pustakawan. Berdasarkan fakta di lapangan dan penelitian terdahulu maka dilakukan penelitian “Persepsi Pemustaka terhadap Layanan Perpustakaan SMAN 1 Way Jepara”. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan Perpustakaan SMAN 1 Way Jepara yang meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati; 2) Mengetahui adanya hubungan indikator bukti fisik keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dalam menggambarkan kualitas layanan perpustakaan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan jumlah sampel 295 responden. Penelitian ini menunjukkan bahwa civitas akademika SMAN 1 Way Jepara setuju bahwa layanan yang diberikan oleh perpustakaan SMAN 1 Way Jepara sudah memuaskan dalam hal sarana, prasarana, sumber daya manusia, bahkan keamanan. Hal ini dibuktikan dengan nilai disetiap indikator, yaitu a) Nilai indikator bukti fisik 3.21 (setuju); b) Nilai indikator keandalan 3.26 (sangat setuju); c) Nilai indikator daya tanggap 3.1 (setuju); d) Nilai indikator jaminan 3.20 (setuju); e) Nilai indikator empati 3.25 (setuju). Hasil analisis CFA menunjukkan bahwa kelima indikator kualitas layanan memiliki hubungan satu sama lain dan dapat menggambarkan kualitas layanan Perpustakaan SMAN 1 Way Jepara. Kata Kunci: Perpustakaan, Kualitas Layanan Perpustakaan, Confirmatory Factor Analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:11
Last Modified: 15 Aug 2023 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29715

Actions (login required)

View Item View Item