PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGARUH KESETARAAN GENDER DALAM KEHARMONISAN KELUARGA (Studi pada Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR Bandar Lampung)

IMROATUL, KHASANAH (2023) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGARUH KESETARAAN GENDER DALAM KEHARMONISAN KELUARGA (Studi pada Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI IMROATUL KHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Gender merupakan pembagian peran antara laki-laki dan perempuan yang di atur oleh manusia. Dalam kehidupan, hampir semua tugas gender dapat di lakukan oleh kedua kaum laki-laki dan perempuan, kecuali melahirkan. Dalam tatanan keluarga, masih sering kesalahan pamaknaan terhadap kesetaraan gender sebagai menyatarakan laki-laki dan perempuan. Perempuan sering mengalami deskriminasi gender yakni beban ganda dan yang lainya. Sedangkan kaum laki-laki menuntut kaum perempuan untuk melaksanakan semua pekerjaan produktif dan tidak saling membantu satu dengan yang lainya. Dalam hal ini rumusan masalah dalam penelitian ini yakni : 1. Apa saja pengaruh kesetaraan gender dalam keharmonisan keluarga di lembaga advokasi perempuan DAMAR bandar lampung, 2. Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pengaruh kesetaraan gender dalam keharmonisan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruhnya kesetaraan gender dalam keharmonisan keluarga dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap pengaruh kesetaraan gender dalam keharmonisan keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field risearch) dan bersifat deskriptif kualitatif. Adapun jenis datanya adalah data primer dan data sekunder. Serta menggunakan populasi. Metode pengumpulan datanya yang digunakan yaitu melalui metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penulis menggunakan analsis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kesetaraan gender dalam keharmonisan keluarga itu sangat berpengaruh yaitu dapat membantu finansial keluarga. Seorang anak bisa tumbuh lebih sehat. Dan akan menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga. kesetaaran gender dalam relasi keluarga juga menjadi salah satu pondasi yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Sedangkan dalam Al-Qur’an dan Hadist sudah menjelaskan secara jelas mengenai pengaruh kesetaraan gender dalam iii keharmonisan keluarga, pandangan hukum Islam juga menjelaskan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan sama, dalam beberapa hal, yaitu sebagai hamba Allah swt, sebagai khalifah allah, dan terlibat aktif dalam bermasyarakat, dan berpotensi yang sama dalam meraih prestasi. Kesetaraan ini secara jelas di uraikan dalam hukum Islam berupa teks atau nash, Al-Qur’an dan Hadist. Kunci : deskriminasi gender, pengaruh kesetaraan gender, keharmonisan keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:07
Last Modified: 15 Aug 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29714

Actions (login required)

View Item View Item