PENGARUH MODAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PASCA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung)

AMIN, PRASETIO (2023) PENGARUH MODAL DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PASCA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam pengembangan ekonomi nasional, selain karena UMKM menjadi tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditujukan mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. UMKM akan memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempercepat struktural, yaitu meningkatkan perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional. Data Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menunjukkan bahwa jumlah UMKM di Indonesia terus meningkat. Salah satu UMKM yang mengalami peningkatan yaitu UMKM di kecamatan Enggal kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal dan pendidikan terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah pasca pandemi covid-19 dalam perspektif Ekonomi Islam di kecamatan Enggal kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 pemilik UMKM Usaha di kecamatan Enggal kota Bandar Lampung. Metode pengumpulan datanya adalah metode questionare. Teknik analisis data adalah uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda dengan program SPSS 22. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Modal dan tingkat pendidikan secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM pasca pandemi covid-19 di Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung. Dalam ekonomi Islam melakukan usaha atau berbisnis adalah hal yang tentu dihalalkan. Dapat diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW awalnya adalah seorang pedagang dan juga kita dapa melihat ada banyak sekali sahabat-sahabat beliau dizaman dahulu merupakan pengusaha sukses dan memiliki sumber modal yang sangat besar. Kata kunci: Modal, Pendidikan, Pembangunan UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:45
Last Modified: 15 Aug 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29708

Actions (login required)

View Item View Item