PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS IT QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BINTANG NUSANTARA RUMBIA LAMPUNG TENGAH

ANISSA, FITRI NURJANNAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS IT QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BINTANG NUSANTARA RUMBIA LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi anissa 1-2 new.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi anissa full new.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang amat sangat penting yang harus dimiliki oleh manusia. Pada dasarnya pendidikan adalah suatu cara yang diperlukan untuk mencapai tujuan dalam hidup. Apalagi persaingan hidup yang semakin berat, memaksa manusia untuk menggali potensi dengan pendidikan. Permasalahan muncul pada mata pembelajaran agama islam, yaitu pembelajaran yang kurang maksimal, sarana prasarana yang monoton dan perkembangan teknologi yang disalahgunakan oleh peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik khususnya dalam ranah kognitif. Maka dari itu peneliti menggunakan media Quizizz untuk membuat pembelajaran semakin menarik dan peserta didik dapat mudah memahami dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media Quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Bintang Nusantara Rumbia Lampung Tengah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Bintang Nusantara Rumbia Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dimana desain yang digunakan adalah purposive non-equivalent control grub desain. penelitian dilakukan di SMK Bintang Nusantara Rumbia Lampung Tengah dengan sampel kelas X AKN 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Quizizz dan X TKJ 1 sebagai kelas control yang menggunakan metode yang ada di kelas. Penelitiandilakukan selama tiga minggu di sekolah dengan teknik pengumpulan data berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan posttest. Kata kunci: Hasil Belajar, Quizizz iii ABSTRACT Education is a very very important basic need that must be possessed by humans. Basically education is a necessary way to achieve goals in life. Moreover, competition in life is getting tougher, forcing people to explore their potential through education. Problems arise in Islamic religious learning, namely learning that is less than optimal, monotonous infrastructure and technological developments that are misused by students which affect student learning outcomes, especially in the cognitive domain. Therefore researchers use Quizizz media to make learning more interesting and students can easily understand and are expected to improve learning outcomes. The formulation of the problem in this study is whether there is an influence of Quizizz media on learning outcomes of Islamic Religious Education at Bintang Nusantara Vocational School, Rumbia, Central Lampung? This study aims to determine the effect of Quizizz media on learning outcomes of Islamic Religious Education at SMK Bintang Nusantara Rumbia, Central Lampung. This research is a quasi�experimental study where the design used is a purposive non�equivalent control grub design. The research was conducted at Bintang Nusantara Rumbia Vocational School, Rumbia, Central Lampung with a sample of class X AKN 1 as an experimental class using Quizizz media and X TKJ 1 as a control class using existing methods in class. The research was conducted for three weeks at school with data collection techniques in the form of multiple choice tests consisting of pretest and posttest. Keywords: Learning Outcomes, Quizizz

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:32
Last Modified: 15 Aug 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29704

Actions (login required)

View Item View Item