PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONE SIDED VIEW 3D HOLOGRAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS X

FIDIA, DIAH AYUNI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONE SIDED VIEW 3D HOLOGRAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS X. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONE SIDED VIEW 3D HOLOGRAM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS X Oleh Fidia Diah Ayuni Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media pembelajaran hologram 3D satu sisi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi virus. Metode yang digunakan adalah pengembangan (RnD) Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi sembilan tahapan penelitian dan pengembangan, diuji melalui kuasi eksperimen. Populasi kelas X berjumlah >100 peserta didik, dengan sampel skala kecil sebanyak enam peserta didik dan skala luas masing-masing 36 peserta didik dalam kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data kuantitatif yang kemudian dijelaskan secara kualitatif. Pengembangan media ini memiliki keunggulan utama dalam teknologi proyeksi holografik 3D yang dapat mengatasi keterbatasan pengajaran tradisional. Keunikan dari penelitian ini adalah satu sisi tampilan yang mempertahankan kefokusan dan pembuatan hologram dengan bahan yang sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persentase tingkat nilai kelayakan menurut validator ahli media 97%, validator ahli materi 97%, validator ahli bahasa dengan instrumen non-test 81%, dan instrumen test 80%. Penilaian kelayakan rata-rata guru pamong 95% dan peserta didik 92%, termasuk dalam kriteria "Sangat Baik". Hasil analisis N-Gain angket menunjukkan nilai signifikansi 0,260, yang menunjukkan distribusi yang normal karena nilai signifikansi ≥0,05. Keefektifan media ini dibuktikan melalui uji Independent Samples Test dengan nilai df 70, dengan mean untuk pretest dan post-test sebesar 17,782 ≥ 1,6999. Hal ini menunjukkan penolakan terhadap nilai Ho dan penerimaan terhadap nilai Ha. Kata Kunci: Critical Thinking, Materi Virus, Media Pembelajaran One Sided View 3D Hologram. iv ABSTRACT This study aims to examine the effectiveness of one-sided 3D hologram learning media in enhancing students' critical thinking skills in the subject of viruses. The modified Borg and Gall's R&D approach with nine stages of research and development was employed, tested through quasi-experimental methods. The population consisted of X grade students (>100), with a small-scale sample of six participants and a large-scale sample of 36 participants in both experimental and control groups. Quantitative data analysis techniques were utilized, followed by qualitative explanation. The development of this media offers a significant advantage through its 3D holographic projection technology, overcoming limitations of traditional teaching methods. The unique aspect of this research lies in its one-sided display, maintaining focus and utilizing simple materials for hologram creation. The research results revealed high feasibility ratings from expert validators in media (97%), subject matter (97%), and language (81% for non-test instruments and 80% for test instruments). The average feasibility assessment by supervising teachers was 95%, and by students was 92%, falling within the "Very Good" criteria. The N�Gain questionnaire analysis indicated a significance value of 0.260, demonstrating a normal distribution as the significance value was ≥0.05. The effectiveness of the media was demonstrated through the Independent Samples Test with a df value of 70, where the mean for both pretest and post-test (17.782 ≥ 1.6999) led to the rejection of the null hypothesis (Ho) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha). Keyword: Critical Thinking, One Sided View 3D Hologram Learning Media, Virus Subject.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:24
Last Modified: 15 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29702

Actions (login required)

View Item View Item