PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

KHASANAH, USWATUN (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (skripsi)
Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA GRAFIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG Oleh Uswatun Khasanah Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Lembar Kerja siswa yang digunakan guru di MTs Al Hikmah Bandar Lampung masih berupa soal-soal saja dan tidak memuat aktifitas belajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam menemukan dan menerapkan konsep matematika. LKS tersebut belum bisa memberikan pengalaman belajar bagi siswa dan belum bisa mendorong pengembangan kemampuan berpikir siswa, sehingga diperlukannya pengembangan LKS yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs Al Hikmah Bandar Lampung materi Statistika. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi pada aspek kelayakan isi memperoleh rata-rata skor 3,92 dengan kriteria sangat baik, pada aspek kebahasaan memperoleh rata-rata skor 3,71 dengan kriteria sangat baik dan pada aspek pendekatan inkuiri memperoleh ratarata skor 3,83 dengan kriteria sangat baik. Validasi ahli media pada aspek kegrafisan memperoleh rata-rata skor 3,43 dengan kriteria sanagt baik dan pada aspek penyajian memperoleh rata-rata skor 3,55 dengan kriteria sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil pada uji kemenarikan memperoleh rata-rata skor sebesar 3,04 dengan kriteria menarik dan uji coba lapangan memperoleh rata-rata skor 3,38 dengan kriteria sangat menarik. Kata kunci : Pengembangan LKS, Inkuiri Terbimbing, Media Grafis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:52
Last Modified: 12 Jan 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item