PERAN AKTIF KARANG TARUNA DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Pada Karang Taruna Desa Banar Joyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

NANDA, AYU PRATIWI (2023) PERAN AKTIF KARANG TARUNA DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT (Studi Pada Karang Taruna Desa Banar Joyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NANDA AYU PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Karang taruna adalah organisasi sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan kepedulian sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan. Dalam hal ini karang taruna sebagai wadah solidaritas sosial dan keagamaan di desa Banarjoyo, Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan karang taruna dalam kegiatan sosial keagamaan masyarakat dan peluang serta tantangan karang taruna terhadap terciptanya solidaritas sosial keagamaan masyarakat di desa Banarjoyo Lampung Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Data penelitian diperoleh langsung dari informan mengenai keterlibatan karang taruna dalam kegiatan sosial keagamaan di lingkungan masyarakat desa Banarjoyo. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Semua data data tersebut merupakan informasi untuk mendeskripsikan tentang keterlibatan karang taruna pada kegiatan sosial keagamaan masyarakat dan peluang serta tantangan terhadap terciptanya solidaritas sosial keagamaan masyarakat di desa Banarjoyo Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan psikologis. Keterlibatan anggota karang taruna dalam kegiatan sosial keagamaan di desa Banarjoyo, Kecamatan Batanghari Lampung Timur antara lain gotong royong bersih-bersih masjid, perayaan ulang tahun desa dan kemerdekaan RI, perayaan hari besar Islam, serta kegiatan sosial keagamaan lainnya yang didominasi oleh keterlibatan anggota secara fisik. Kemudian menggalang dana bagi warga atau anggota yang sedang sakit supaya bisa membantu berobat. Kegiatan turnamen olahraga antar RT untuk menjalin persahabatan serta menumbuhkan semangat sportivitas. Adapun peluang karang taruna terhadap terciptanya solidaritas sosial keagamaan masyarakat di desa Banarjoyo antara lain ketersediaan dana (faktor ekonomi), ketersediaan sarana dan prasarana, mendapatkan dukungan dari aparat desa (faktor sumber daya manusia). Sedangkan untuk tantangannya adalah menciptakan kegiatan yang kreatif, unik dan inovatif guna menarik minat masyarakat untuk turut serta dalam setiap kegiatan, keterbatasan waktu, dan adanya miskomunikasi antar anggota karang taruna. Kata Kunci: Karang Taruna, Solidaritas Sosial Keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:20
Last Modified: 15 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29695

Actions (login required)

View Item View Item