PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS AL-MUHAJIRIN PANJANG

SITI, KHOTIJAH (2023) PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS AL-MUHAJIRIN PANJANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ketepatan dalam penerapan reward and punishment berdasarkan indikator akan dapat memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan siswa, yang akhirnya akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data hasil pra survey berupa observasi dan wawancara menunjukkan bahwa dalam penggunaan alat pendidikan berupa reward and punishment yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al�Qur’an Hadits belum memberikan hasil yang baik guna untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik atau motivasi belajar peserta didik. Peneliti juga melakukan wawancara dengan peserta didik tentang reward and punishment yang dilakukan oleh pendidik beberapa peserta didik mengungkapkan bahwa reward belum sepenuhnya diterapkan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan untuk Punishment masih banyak siswa yang terus mengulangi kesalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan reward and punishment dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Al�Muhajirin panjang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan reward and punishment dalam memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Al�Muhajirin Panjang. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan cara mereduksi data, men-display data, dan conclusion atau menarik kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al -Muhajirin Panjang adalah salah satu sekolah yang menerapkan reward and punishment sebagai salah satu alat pendidikan dengan tujuan untuk memotivasi siswa agar lebih baik lagi belajarnya dan meraih hasil yang maksimal. Dan dengan diterapkannya reward and iii punishment Punishment agar siswa tidak semena-mena terhadap peraturan yang ada di sekolah. Guru Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits menggunakan reward and punishment sebagai salah satu stimulus baik bagi siswa agar motivasi belajar nya lebih tinggi sehingga dapat memperoleh hasil yang diharapkan. Reward yang diberikan oleh guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yakni reward dalam bentuk pujian dan hadiah sedangkan punishment yang diberikan yakni punishment dalam bentuk kata dan bentuk perbuatan. Faktor yang mempengaruhi belum tercapainya tujuan dari penerapan reward and punishment yakni kurangnya penguasaan terhadap cara penerapan reward oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sehingga dalam penerapan reward belum mencapai tujuan yang maksimal dan juga dikarenakan kurangnya kesadaran dari siswa itu sendiri terhadap peraturan yang berlaku di sekolah. Kata kunci: Penerapan Reward and Punishment, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits iv ABSTRACT Accuracy in the application of reward and punishment based on indicators will be able to have a good impact on student development, which will ultimately increase students' learning motivation in the learning process. Based on pre-survey data in the form of observations and interviews, it shows that the use of educational tools in the form of reward and punishment carried out by Al-Qur'an Hadith subject teachers has not provided good results in order to increase student enthusiasm for learning or student learning motivation. Researchers also conducted interviews with students about reward and punishment conducted by educators, some students revealed that rewards had not been fully implemented by Al-Qur'an Hadith subject teachers and for Punishment there were still many students who continued to repeat their mistakes. This study aims to find out how the application of reward and punishment in motivating students' learning in class VIII Al-Qur'an Hadith subjects at MTs Al-Muhajirin Panjang. The problem in this research is how to apply reward and punishment in motivating students' learning in class VIII Al-Qur'an Hadith subject at MTs Al�Muhajirin Panjang. The type and nature of this research is descriptive qualitative. Researchers used data collection techniques using observation, interview and documentation methods and data analysis techniques by reducing data, displaying data, and drawing conclusions or conclusions. Meanwhile, checking the validity of the data using technical triangulation, source triangulation and time triangulation. The subjects of this study were students of class VIII at MTs Al�Muhajirin Panjang. The results of the study show that Madrasah Tsanawiyah Al - Muhajirin Panjang is one of the schools that implements reward and punishment as an educational tool with the aim of motivating students to study better and achieve maximum results. And with the implementation of reward and punishment Punishment so that students are not arbitrary against the existing rules in school. Al�Qur'an Hadith Subject Teachers use reward and punishment as a good stimulus for students so that their learning motivation is higher so that v they can obtain the expected results. The reward given by the Al�Qur'an Hadith subject teacher is a reward in the form of praise and gifts while the punishment given is punishment in the form of words and deeds. Factors that influence the achievement of the goals of the application of reward and punishment have not been achieved, namely the lack of mastery of the method of applying rewards by Al-Qur'an Hadith subject teachers so that the application of rewards has not reached maximum goals and also due to the lack of awareness of the students themselves regarding the applicable regulations at school. Keywords: Application of Reward and Punishment, Learning Motivation, Al-Qur'an Hadith Subject

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:00
Last Modified: 15 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29692

Actions (login required)

View Item View Item