ANALISIS FIQH SIYASAH TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN N0. 117 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG TIDAK DALAM TRAYEK (Studi Pada Driver Gocar Bandar Lampung)

DANISTA, HAZRUL HUDA (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN N0. 117 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG TIDAK DALAM TRAYEK (Studi Pada Driver Gocar Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi DANISTA HAZRUL HUDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Masuknya transportasi online di Kota Bandar Lampung membuat masyarakat merasa dipermudahkan dalam segala urusan. Namun, transportasi online di Kota Bandar Lampung menimbulkan masalah di antaranya konflik yang terjadi antara transportasi online dengan transportasi konvensional. Transportasi konvensional tidak menerima transportasi online yang tengah berkembang di masyarakat dianggap ilegal, driver transportasi online masih belum mematuhi peraturan yang ada dalam Permenhub. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 117 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu. Pertama, bagaimana Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No. 117 Tahun 2018 Tentang Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek Studi Pada Driver Go-Car Bandar Lampung. Kedua, bagaimana Analisis Fiqih Siyasah Terhadap Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No. 117 Tahun 2018 Tentang Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek Studi Pada Driver Go-Car Bandar Lampung. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Analisis Fiqih Siyasah Tentang Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No. 117 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek Studi Pada Driver Go-Car Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk janis penelitian lapangan (field research), penelitian yang dilakukan dengan cara menggali informasi untuk mendapatkan data langsung dari lapangan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 117 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek pada driver Go-Car Bandar Lampung masih belum berjalan sempurna, masih terjadi beberapa pelanggaran seperti pelanggaran tentang penempelan stiker atau identitas di mana para driver bekerja dengan alasan penempelan stiker atau identitas perusahaan para driver bekerja tidaklah penting karena tidak ada sangkut pautnya dengan proses pengantar jemputan penumpang atau barang. Kedua,Tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 117 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek termasuk ke dalam salah satu peraturan perundang-undangan yang dapat menuntun umat manusia kepada kemaslahatan, peraturan tersebut diciptakan untuk mengatur dan mengurus kehidupan manusia dalam melindungi keselamatan pengguna jasa angkutan orang dan/atau umum yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang menggunakan transportasi online (aplikasi Go-Jek). Tujuan utamanya yaitu, tentu saja demi terciptanya kemaslahatan dan menghindari kemudharatan dalam mengguanakn jasa transportasi online. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Siyasah Dusturiyah, Permenhub, Gojek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:52
Last Modified: 15 Aug 2023 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29691

Actions (login required)

View Item View Item