PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI KERIFAN LOKAL KABUPATEN OKU TIMUR BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGI PADA KELAS X MA

Yaumi, Khurotul Aini (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI KERIFAN LOKAL KABUPATEN OKU TIMUR BERBASIS PENDEKATAN HEUTAGOGI PADA KELAS X MA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang ada dilapangan yaitu masih belum tersedianya bahan ajar elektronik yang digunakan di sekolah, hal tersebut karena sekolah masih menggunakan buku paket tentunya membutuhkan tenaga yang cukup banyak untuk membawa ke sekolah. E-modul memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk kegiatan pembelajaran, tidak memerlukan tenaga untuk membawa ke sekolah, mudah diakses oleh siapapun, serta memudahkan peserta didik untuk belajar dirumah. Langkah alternatif yang digunakan peneliti yaitu mengembangkan e-modul biologi kearifan lokal berbasis pendekatan heutagogi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara mengembangkan, kelayakan dan respon pendidika dan peserta didik terhadap e-modul kearifan lokal Kabupaten OKU Timur berbasis pendekatan heutagogi. Penelitian pengembangan e-modul menggunakan model pengembangan Borg and Gall Tujuh Tahapan yaitu : Studi Pendahuluan, tahapan perencanaan penelitian, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan uji coba terbatas, revisi hasil uji pendahuluan atau terbatas, uji coba skala luas, dan revisi hasil uji coba skala luas. Teknik pengumpulan data yakni angket analisis kebutuhan, wawancara, angket validasi ahli, angket tanggapan pendidik dan peserta didik, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari guru, ahli, dan peserta didik. Hasil Pengembangan oleh ahli masing-masing sebesar materi (94,1%), bahasa (91,4%), dan media (98%) dengan kriteria keseluruhan sangat layak. Respon pendidik mata pelajaran biologi sebesar (91%). Respon peserta didik sebesar (92%) saat uji coba pendahuluan atau terbatas serta(88,9%) saat uji coba secara lebih luas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk layak dipakai menjadi bahan ajar dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : E-Modul, Kearifan Lokal, Pendekatan Heutagogi iv ABSTRAC The problem in the field is that there is still no availability of electronic teaching materials used in schools, this is because schools still use package books alone certainly requires quite a lot of energy to bring to school. E-modules provide convenience for students for learning activities, do not require energy to bring to school, are easily accessible to anyone, and make it easier for students to study at home. An alternative step used by researchers is to develop e-modules of local wisdom biology based on a heutagogic approach. The purpose of this study is to find out how to develop, feasibility and response of educators and students to the e-module of local wisdom of East OKU Regency based on the heutagogy approach Research on e-module development using the Borg and Gall development model Seven Stages, namely: Preliminary Study, research planning stages, product development stages, validation stages and limited trials, revision of preliminary or limited test results, wide-scale trials, and revision of wide-scale trial results. Data collection techniques are anket policy analysis, interviews, expert validation questionnaires, questionnaires Responses of educators and learners, data analysis techniques use qualitative and quantitative data analysis techniques obtained from teachers, experts, and learners. Development results by material expert (94.1%), linguists (91.4%), and media expert (98%) with the overall criterion very feasible. The response of biology educators was (91%). Student response was (92%) during preliminary or limited trials and (88.9%) during broader trials. Based on these data, it is concluded that the product is suitable to be used as teaching material in the teaching and learning process. Keywords : E-Modules, Local Wisdom, Heutagogic Approaches

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:24
Last Modified: 15 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29685

Actions (login required)

View Item View Item