IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V MI DAARUL MA’ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN

ULIL, AZMI (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V MI DAARUL MA’ARIF NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi ULIL AZMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan pondasi awal yang dibutuhkan dalam membangun bangsa. Oleh karena itu sekolah memiliki kewajiban untuk berkomitmen dalam membangun karakter bangsa. Dalam hal ini tentu banyak tantangan yang perlu dihadapi salah satunya berkembangnya teknologi serta informasi sebagai dampak globalisasi, gaya hidup modern yang mempengaruhi sikap dan perilaku tanpa disadari menyimpang dari nilai dan luhur bangsa indonesia, serta fenomena peserta didik yang tidak mengindahkan nilai-nilai etika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas V di sekolah MI Daarul Ma‘arif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, pendidik, serta peserta didik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di MI Daarul Ma‘arif. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dokumen terkait penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di MI Daarul Ma‘arif pendidikan karakter tercermin pada tahap perencanaan dan pelaksanaan penanaman pendidikan karakter yang terintegrasi dalam perangkat pembelajaran serta evaluasi. Berdasarkan temuan penelitian bahwasannya karakter baik yang tertanam pada peserta didik di kelas V MI Daarul Ma‘arif pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu karakter religius dan karakter demokratis. Faktor pendukung dalam penanaman nilai karakter ini yaitu dukungan kerja sama yang baik antara lingkungan sekolah maupun warga sekolah, sarana dan prasarana sekolah, serta dukungan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor hambatan dalam penanaman pendidikan karakter ini yaitu kurangnya motivasi peserta didik dalam menerapkan pendidikan karakter secara konsisiten dan kurangnya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang pendidikan karakter. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 3 ABSTRACT Character education is the initial foundation needed in building a nation. Therefore schools have an obligation to commit to building the nation's character. In this case, of course there are many challenges that need to be faced, one of which is the development of technology and information as a result of globalization, modern lifestyles that influence attitudes and behavior unwittingly deviate from the values and nobles of the Indonesian nation, as well as the phenomenon of students who do not heed ethical values. The purpose of this study was to describe the implementation of character education values in civics education (PKn) learning activities for class V at MI Daarul Ma'arif school. The type of research used is descriptive qualitative research, using interview, observation, and documentation data collection techniques. Interviews were conducted with school principals, educators, and students. Observations were made to obtain information regarding the application of character education in the learning process of civics education for class V at MI Daarul Ma'arif. Documentation is done to obtain document information related to research. The results of the study show that the process of implementing character education values in learning civics education (PKn) at MI Daarul Ma'arif character education is reflected in the planning and implementation stages of planting character education which is integrated into learning and evaluation tools. Based on the research findings that the good character embedded in students in class V MI Daarul Ma'arif in civics education learning is religious character and democratic character. Supporting factors in instilling these character values are the support of good cooperation between the school environment and school members, school facilities and infrastructure, and support from parents of students. Meanwhile, the inhibiting factors in the cultivation of character education are the lack of motivation of students in implementing character education consistently and the lack of school facilities and infrastructure that support character education. Keywords: Character Education, Citizenship Education Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:31
Last Modified: 14 Aug 2023 08:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item