PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI

RIKKY, TRIOLIN SAPUTRA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi RIKKY TRIOLIN SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pada proses pembelajaran selama ini pendidik dan peserta didik sudah menggunakan media pembelajaran visual berupa media gambar, seperti poster. pada penggunaan media tersebut kurang menumbuhkan antusiasme dan minat saat belajar terutama pada pembelajaran tematik yang mereka anggap sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang media apa yang cocok digunakan agar siswa tidak cepat bosan dan tertarik pada pelajaran tematik maka dari itu, penulis melakukan pengembangan media pembelajaran yaitu Media Pembelajaran berbasis Website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran berbasis Website, serta bertujuan menghasilkan Media Pembelajaran berbasis Website. Media ini dibuat untuk memudahkan serta menarik minat belajar peserta didik pada pelajaran Tematik. Dengan menggunakan Media Pembelajaran berbasis Website ini, diharapkan peserta didik mampu memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 langkah yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MI Daarul Ma‟arif Natar Lampung Selatan dan MIS Pelita Jati Agung Lampung Selatan, serta kedua pendidik pada sekolah tersebut. Instrument pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi dalam kategori “Layak”, dengan persentase rata-rata 97,5 %. Penilaian ahli bahasa dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 97 %, dan penilaian ahli media dalam kategori “Layak” dengan 86,8 %. Pada uji coba skala kecil dengan peserta didik sebanyak 15 peserta didik memperoleh persentase rata-rata 97,3 %. Pada uji coba lapangan skala besar dengan persentase rata-rata 99 % dengan keterangan “Sangat Menarik” untuk digunakan dan dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE , Website, Tematik. iv ABSTRACT In the learning process so far educators and students have used visual learning media in the form of media images, such as posters. the use of this media does not foster enthusiasm and interest in learning, especially in thematic learning which they consider difficult to learn. Therefore, the authors conducted research on what media is suitable for use so that students do not get bored quickly and are interested in thematic lessons. Therefore, the authors developed learning media, namely Website-based Learning Media. This study aims to find out how to develop Website-based learning media, and aims to produce Website-based Learning Media. This media is made to facilitate and attract students' learning interest in thematic lessons. By using this Website-based Learning Media, it is hoped that students will be able to understand the material easily and can motivate students' learning. This research is a Research and Development (R&D) development study which refers to the ADDIE development model which has 5 steps, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were students of MI Daarul Ma'arif Natar South Lampung and MIS Pelita Jati Agung South Lampung, as well as the two educators at the school. The research data collection instrument was obtained by interviews, questionnaires and documentation. The results of the research are based on the material expert validation questionnaire in the "Eligible" category, with an average percentage of 97.5%. The assessment of linguists is in the "Very Eligible" category with a percentage of 97%, and the assessment of media experts in the "Decent" category with 86.8%. In a small-scale trial with 15 students, they obtained an average percentage of 97.3%. In large-scale field trials with an average percentage of 99% with the description "Very Interesting" to be used and used as learning media. Keywords: ADDIE, Website, Thematic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:23
Last Modified: 14 Aug 2023 08:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29677

Actions (login required)

View Item View Item