EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WEE DENGAN STRATEGI QSH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

BETI, SAPUTRA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WEE DENGAN STRATEGI QSH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of CETAK FULL SKRIPSI BETI SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pada model pembelajaran WEE dengan strategi QSH, model pembelajaran WEE, dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari Self Efficacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design dengan posttest dan angket. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 5 kelas VII. Sampel digunakan sebanyak 3 kelas dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen I kelas VII C sebagai kelas eksperimen II dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes (essay) dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan, setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji anova dua jalan menggunakan SPSS 25 didapat bahwa (1) model pembelajaran WEE dengan strategi QSH, model WEE, model ekspositori efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (2) self efficacy efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran WEE dengan strategi QSH, model pembelajaran WEE, dan model ekspositori dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran WEE. Strategi QSH, Self Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. iv ABSTRACT This study aims to determine the effectiveness of the WEE learning model with the QSH strategy, the WEE learning model, and the expository learning model on the mathematical problem solving ability of students in terms of student Self Efficacy. This research is a Quasy Experiment Design research with posttest and questionnaire. This study had a population of 5 class VII. Samples were used as many as 3 classes with cluster random sampling techniques. namely class VII D as experimental class I, class VII C as experimental class II and class VII E as control class. The instruments used to collect data are in the form of tests (essays) and questionnaires. Based on the calculation results, after conducting a hypothesis test using a two-way anova test using SPSS 25, it was found that (1) the WEE learning model with the QSH strategy, the WEE model, the expository model is effective for the ability to solve mathematical problems (2) the self-efficacy is effective on the mathematical problem solving ability of students,(3) there is no interaction between the WEE learning model and the QSH strategy, the WEE learning model, and the expository model and self-efficacy on the mathematical problem solving ability of students. Keywords: WEE Learning Model. QSH strategy, self efficacy, mathematical problem solving ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:16
Last Modified: 14 Aug 2023 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29676

Actions (login required)

View Item View Item