PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, RASIO SAHAM PUBLIK DAN FIRM SIZE TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE ANNUAL REPORT PADAPERUSAHAAN YANG TERDAFAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2018-2021

EVA, KURNIA (2023) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, RASIO SAHAM PUBLIK DAN FIRM SIZE TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE ANNUAL REPORT PADAPERUSAHAAN YANG TERDAFAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2018-2021. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVA KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi seperti ini dunia bisnis mengalami persaingan yang semakin ketat. Hal ini membuat perusahaan dihadapkan pada suatu kondisi dimana mereka agar lebih transparan dalam mengungkapkan informasi yang berkaitan dengan perusahaannya didalam laporan tahunan. Informasi yang diungkapkan dalam laporan tahunan dibagi menjdi dua yaitu pengungkapan wajib (mandatory disclosure) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure). Dalam bisnis yang semakin kompetitif, voluntary disclosure dalam laporan tahunan merupakan kebutuhan yang sangat penting agar terwujudnya transparansi dalam bisnis dan membantu investor dalam hal pengambilan keputusan serta untuk melatih perusahaan agar senantiasa memberikan pengungkapan yang lebih, bukan apa yang diwajibkan saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder, yaitu berupa data time series laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Populasi dari penelitian ini merupakan perusahan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2018-2021 yang berjumlah 47 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan diperoleh sampel 10 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan library research. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial variabel Profitabilitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap luas voluntary disclosure , sedangkan pada variabel rasio saham publik dan firm size berpengaruh negative tidak signifikan terhadap luas voluntary disclosure. Hasill pengujian secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, rasio saham publik dan firm size secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap luas voluntary disclosure. Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Rasio Saham Publik, Firm Size, Voluntary Disclosure.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:08
Last Modified: 14 Aug 2023 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29675

Actions (login required)

View Item View Item