EFEKTIVITAS PENYALURAN PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BSI TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DESA SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Studi Pada BSI KCP Sribhawono Lampung Timur)

ANANDA, LESTARI (2023) EFEKTIVITAS PENYALURAN PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BSI TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DESA SRIBHAWONO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR (Studi Pada BSI KCP Sribhawono Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANANDA LESTARI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Sribhawono Lampung Timur merupakan salah satu bank syariah milik negara (BUMN) yang cara kerjanya berlandaskan dengan prinsip syariah. Bank syariah indonesia KCP Sribhawono Lampung Timur adalah salah satu bank penyalur pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk kebutuhan modal kerja maupun investasi. BSI KUR yang dikelurkan oleh pemerintah untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang cukup efektif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa mekanisme penyaluran pembiayaan KUR pada BSI KCP Sribhawono Lampung Timur dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), yaitu, tahap permohonan, tahap pemeriksaan kredit, tahap pemberian putusan kredit, tahap penandatanganan akad kredit, dan tahap pencairan kredit. Efektivitas penyaluran pembiayaan KUR BSI terhadap perkembangan UMKM di desa sribhawono kabupaten lampung timur telah berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan penilaian efektivitas KUR, KUR pada BSI KCP Sribhawono Lampung Timur telah sesuai dengan tujuannya yang ingin dicapai yaitu meningkatkan akses pembiyaan kepada UMKM, dapat membantu memberdayakan usaha mereka menjadi lebih berkembang, penanggulangan kemiskinan dan perluasan lapangan pekerjaan. Kata kunci: Efektivitas, Kredit Usaha Rakyat (KUR), UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:58
Last Modified: 14 Aug 2023 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29671

Actions (login required)

View Item View Item