TEORI KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. ZAKIAH DARADJAT

S. AYU, RIZKINIA (2023) TEORI KONVERGENSI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. ZAKIAH DARADJAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI S. AYU RIZKINIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seseorang itu adalah keturunan (bakat, pembawaan) dan faktor lingkungan (pengalaman) sebagai penentu baik dan buruknya kepribadian seseorang. Pandangan islam menyatakan bahwa fitrah merupakan kecendrungan alamiah bawaan sejak lahir. Teori konvergensi menganggap bahwa setiap manusia sepanjang hidupnya selalu berada dalam pertumbuhan dan perkembangan dimana dalam perkembangan tersebut didasarkan atas tujuan pendidikan yaitu manusia penerus hingga akhir hidupnya. Berdasarkan proses perkembangannya manusia itu selalu ditentukan oleh perpaduan pengaruh dari faktor pembawaan (kemampuan dasar) dan faktor lingkungan sekitar, baik yang disengaja (seperti pendidikan) maupun yang tidak disengaja seperti pergaulan dan lingkungan alam, sesuai dengan pandangan konvergensi. Pendidikan islam lebih berkesan dan berhasil guna, apa bila seluruh lingkungan hidup yang ikut mempengaruhi pembinaan pribadi anak ( keluarga, sekolah, masyarakat) yang sama - sama mengarah pada pendidikan dan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Akan tetapi, hal ini bukan berarti mementingkan pendidikan jasmani, akal, maupun ilmu pengetahuan praktis lainnya saja, melainkan bahwa kita sesungguhnya memperhatikan segi-segi pendidikan akhlak sebagaimana halnya memperhatikan ilmu�ilmu yang lain. Menurut Zakiah, pendidikan harus mengembangkan dimensi manusia yang terdiri dari tujuh macam: fisik, akal, iman, akhlak, kejiwaan, keindahan, dan sosial kemasyarakatan. Pendidikan harus ditujukan untuk membangun dan membina manusia yang kuat, sehat dan mampu melaksanakan tugasnya, membina fisiknya yang sehat sehingga tercipta kepribadian yang seimbang dan selaras sebagai pengabdian kepada Tuhan, membina dan mengolah fisik yang kokoh sehingga terbina sikap-sikap terpuji seprti bersikap toleran, sportif, dan kerja sama. Menurut zakiah daradjat yang memandang fitrah sebagai wadah dan bentuk yang dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan yang dapat berkembang sesuai dengan kedudukan dan tanggung jawab selaku hamba dan khalifah dimuka bumi ini. Berkembang atau tidaknya fitrah manusia tergantung pada 2 faktor, yaitu: Usaha manusia itu sendiri dan Hidayah dari Allah SWT. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah library research dengan bersumber pada buku-buku, jurnal, artikel, dan lain sebagai nya yang berkaitan dengan teori konvergensi. Penelitian ini menghasilkan, pertama teori konvergensi dalam perspektif pendidikan islam kedua teori konvergensi menurut zakiyah daradjat. Kata kunci : Teori Konvergensi, Pendidikan Islam , Zakiyah Daradjat. iii ABSTRACT The factors that influence a person's growth and development are heredity (talent, innate) and environmental factors (experience) as a determinant of good and bad personality. The Islamic view states that fitrah is a natural innate tendency from birth. Convergence theory assumes that every human being throughout his life is always in growth and development which in this development is based on educational goals, namely human successors until the end of his life. Based on the process of human development, it is always determined by a combination of influences from innate factors (basic abilities) and surrounding environmental factors, both intentional (such as education) and unintentional such as association and the natural environment, in accordance with the convergence view. Islamic education is more effective and effective, if the entire environment that influences the personal development of the child (family, school, community) both leads to education and influences the growth and development of the child. However, this does not mean that we are only concerned with physical education, reason, or other practical knowledge, but that we actually pay attention to aspects of moral education as well as pay attention to other sciences. According to Zakiah, education must develop the human dimension which consists of seven types: physical, intellectual, faith, morals, psychology, beauty, and social. Education must be aimed at building and fostering strong, healthy and capable human beings to carry out their duties, fostering a healthy physique so as to create a balanced and harmonious personality as a dedication to God, fostering and cultivating a strong physique so that commendable attitudes are developed such as being tolerant, sportsmanlike. , and cooperation. According to Zakiah Daradjat, who views fitrah as a container and form that can be filled with various skills and skills that can develop according to position and responsibility as a servant and caliph on this earth. Whether human nature develops or not depends on 2 factors, namely: human effort itself and guidance from Allah SWT. The research method used by the author is library research based on books, journals, articles, and others related to convergence theory. This research produces, first, the theory of convergence in the perspective of Islamic education, , the second, the theory of convergence according to Zakiyah Daradjat. Keywords: Convergence Theory, Islamic Education, Zakiyah Daradjat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:42
Last Modified: 14 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29668

Actions (login required)

View Item View Item