IMPLEMENTASI MODEL VALUE CLARIFICATION TECNIQUE (VCT) PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA DAARUL MA’ARIF LAMPUNG SELATAN

Sonya, Aptanka (2023) IMPLEMENTASI MODEL VALUE CLARIFICATION TECNIQUE (VCT) PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA DAARUL MA’ARIF LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SONYA APTANKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia pendidikan metode atau model pembelajaran merupakan acuan dan memilki peran penting yang harus dilakukan secara sistematis dan mendasar, guna terlaksananya proses pembelajaran. Model Value Clrification Technique (VCT) merupakan sebuah model pembelajaran dimana bertujuan dalam membantu peserta didik untuk mencari dan menemukan nilai yang dianggap nya baik untuk menghadapi sebuah persoalan dengan cara proses menganalisis nilai yang sudah ada yang tertanam dalam diri peserta didik. Dalam model VCT bentuk nilainya berupa moral dan tingkah laku MA Darul Ma’Arif merupakan lembaga pendidikan yang lokasi nya terletak di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Peneliti pada saat melakukan kegiatan pra penelitian di MA Darul Ma’Arif sendiri, ternyata masih ada banyak dari beberapa guru yang menerapkan metode konvensional yang monoton, sehingga peserta didik bosan dan merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Akan tetapi pendidik MA Darul Ma’Arif mulai menerapkan model pembelajaran VCT guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Begitu juga dengan nilai-nilai akhlak peserta didik yang didapat dari observasi yang telah dilakukan peneliti khususnya pada Pembelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Menurut Jane Richie penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya, di dalam dunia Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tingkat pertama dalam Langkah�langkah model pembelajaran VCT yaitu siswa diberi kebebesan untuk memilih kasus sehingga sisswa berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan 2) Tingkat kedua dalam Langkah-langkah model pembelajaran VCT yaitu menghargai yang mana siswa sangat antusias sehingga kelas menjadi lebih hidup, dan bisa menghargai perintah guru, menghargai perbedaan pendapat siswa lain. 3) Setelah Siswa mampu memilih kasus dan mammpu menghargai pada tingkat ini siswa mampu berbuat yang mana siswa mampu menanggapi pendapat teman sekelompok dengan baik, Selalu bekerja sama dengan teman sekelompok, Aktif dalam kerja kelompok. Kata Kunci: Value Clarification Tecnique (VCT), Pembelajaran Akidah akhlak, MA Daarul Ma’Arif Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:40
Last Modified: 14 Aug 2023 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item