PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AN-NUR GUNUNG BATIN LAMPUNG TENGAH

Dina, Shonia (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs AN-NUR GUNUNG BATIN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri adalah adalah sebuah proses pengembangan diri dan dapat diperoleh apabila seseorang benar-benar mau tampil dengan kreatifitas dan kemampuan sebagai sosok yang sangat percaya diri. Percaya diri merupakan keyakinan yang ada pada diri sendiri baik emosi, tingkah laku serta kerohanian yang berasal dari hati nurani agar mampu menjalankan segala hal sesuai dengan kemampuannya guna memenuhi kebutuhan agar kehidupan menjadi bermakna. Bimbingan kelompok, yaitu layanan bimbingan, dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu (terutama dari guru pembimbing/konselor) dan membahas secara bersama-sama pokok bahasan (topik) tertentu yang berguna untuk menunjang pemahaman dan kehidupannya sehari-hari dan untuk perkembangan dirinya baik sebagai individu maupun sebagai pelajar dan untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan atau tindakan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction dalam meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII di MTs An-Nur Gunung Batin Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan informan peserta didik kelas VII di MTs An-Nur Gunung Batin Lampung Tengah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik berpengaruh pada perilaku peserta didik. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Kepercayaan diri, Peserta didik iv ABSTRACT Self-confidence is a process of self-development that can be attained when someone is willing to showcase creativity and abilities as a highly self-assured individual. Self-confidence is a belief that resides within oneself, encompassing emotions, behaviors, and spirituality that stem from the conscience, enabling the execution of tasks according to one's capabilities to fulfill needs and make life meaningful. Group guidance is a counseling service that allows a group of participants to collectively engage in dynamic interactions guided by certain sources (primarily the counselor/teacher) to discuss specific topics, contributing to their understanding and everyday life, fostering personal and academic growth, and aiding decision-making or specific actions. The purpose of this research is to understand the planning, implementation, and evaluation of group guidance services utilizing self-instruction techniques to enhance self-confidence among seventh�grade students at MTs An-Nur Gunung Batin Lampung Tengah. This study employs a qualitative descriptive method, with seventh-grade students from MTs An-Nur Gunung Batin Lampung Tengah as the informants. The results of this research indicate that group guidance utilizing self-instruction techniques to enhance self-confidence among students has a significant impact on their behavior. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Kepercayaan diri, Peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:32
Last Modified: 14 Aug 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item