KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Muhammad, Anjaya (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  M ANJAYA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan kepala madrasah dalam rangka meningkatkan kinerja guru agar dapat bekerja denganbaik dalam tugasnya adalah memberikan bimbingan dan contoh kepada setiap pegawai yang bekerja dilingkungan sekolah sekolah sehingga mereka dapat bertindak berprilaku, seperti yang didinginkan dan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Kepala madrasah memiliki tugas membimbing, mendorong, mengarahkan, merencanakan dan mengorganisasikan serta mengevalusi seluruh kegiatan pendidikan di madrasah. Kepala madrasah merupakan jabatan tertinggi di madrasah yang berkeduudkan paling atas, dengan demikian kepala madrasah sangat berperan dalam meningkatkan kinerja guru, kinerja guur adalah hasil kerja guru yang dapat dicapai oleh seotrang guru dilembaga pendidikanatrau madrasah dengan tugas dan tanggung jawabnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ― Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 6 Bandar Lampung . dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan, metode interview yang ditujukan kepada waka, guur dan kepala madrasah, dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang mendukung dalam penelitian. Serta observasi kepala waka, guur serta kepala madrasah untuk menganalisi data penulis menggunakan data reducation yaitu mengumpulkan semua data dan merangkum data yang penting, kemudioan mengurasikan data, kemudian menyimpulkan semua data yang diperoleh. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 6 Bandar Lampung secara keseluruhan sudah berjalan dengan maksimal, kepala madrasah sudah melaksanakan Menerapkan pendekatan kepemimpinan partisiptif terutama dalam proses pengambilan keputusan, Memiliki gaya kepemimpinan yang demokratis, lugas, dan terbuka, Menyiapkan waktu untuk berkomunikasi secara terbukadengan para guru, peserta didik, dan warga sekolah lainnya, Menekankan kepada guru dan seluruh warga sekolah untuk memenuhi norma�norma pembelajaran dengan disiplin yang tinggi, Memantau kemajuan belajar peserta didik melalui guru seseirng mungkin berdasarkan data prestasi belajar, Menyelenggarakan pertemuan secara aktif, berkala dan berkesinambungan dengan komite sekolah, guru, dan warga sekolah lainnya mengenai topik-topik yang memerlukan perhatian. Kata Kunci : Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru ii ABSTRACT The success of madrasa principals in improving teacher performance so that they can work well in their duties is to provide guidance and examples to every employee who works in the school environment so that they can act in a manner that is cool and in accordance with applicable rules and regulations. The madrasa head has the task of guiding, encouraging, directing, planning and organizing and evaluating all educational activities in the madrasa. The madrasa head is the highest position in the madrasa which is at the top, thus the madrasa head plays a very important role in improving teacher performance, teacher performance is the result of teacher work that can be achieved by a teacher in an educational institution or madrasa with their duties and responsibilities. The formulation of the problem in this study is "How is the leadership of the madrasa head in improving teacher performance at MIN 6 Bandar Lampung?". with the aim of research, namely to find out how the leadership of the madrasah head in improving teacher performance at MIN 6 Bandar Lampung. This research is descriptive in nature, namely research that has the goal of knowing the leadership of madrasa heads in improving teacher performance. In collecting data, the writer uses interview methods aimed at waka, teachers and madrasah heads, and documentation to obtain data that supports the research. As well as observing the heads of waka, tutors and heads of madrasas to analyze the author's data using data reduction, namely collecting all data and summarizing important data, then curating the data, then concluding all the data obtained. From the results of the study, it can be concluded that the leadership of the madrasah head in improving teacher performance at MIN 6 Bandar Lampung as a whole has been running optimally, the madrasah head has implemented a participatory leadership approach, especially in the decision-making process, has a leadership style that is democratic, straightforward, and open , Setting up time to communicate openly with teachers, students, and other school members, Emphasizing teachers and all school members to comply with learning norms with high discipline, Monitoring student learning progress through teachers as much as possible based on learning achievement data, Holding active, regular and ongoing meetings with the school committee, teachers and other school members regarding topics that require attention. Keywords: Principal's Leadership Role, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 05:03
Last Modified: 14 Aug 2023 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29655

Actions (login required)

View Item View Item