TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMERATAAN PEMBANGUNAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Di Desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

DERI, APRIAN ANWAR (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMERATAAN PEMBANGUNAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi Di Desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  DERI APRIAN ANWAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, penulis menjelaskan permasalahan penelitian yaitu Bagaimana peran pemerintah desa dalam pemerataan pembangunan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa didesa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran? Dan Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap peran pemerintah desa dalam pemerataan pembangunan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa di Desa Padang CerminKecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran? Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan melakukan penelitian lapangan untuk memperoleh data atau informasi, yang dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dan mengggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemerintah sudah berperan dengan baik dalam rangka mengimplementasikan kebijakan sehubungan dengan pelaksanaan pembangunan. Kemudian dilihat dari segi kemampuan pemerintah dalam menggerakkan partisipasi masyarakat sudah dianggap mampu, karena sesuai dengan hasil jawaban dari informan. Dalam setiap pembangunan yang dijalankan di Desa Padang Cermin pemerintah selaku aparatur memiliki kemampuan yang cukup dalam menyelenggarakan program pembangunan tersebut. Dari hasil penelitian, dilihat dari segi peranan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan terdapat beberapa faktor penghambat akan tetapi hal demikian masih dapat diantisipasi oleh pemerintah lewat motivasi yang disampaikan secara langsung serta melalui meningkatkan efektivitas kerja setiap aparatur yang ada di Desa Padang Cermin bahwa peran pemerintah desa sudah sesuai dengan konsep fiqh siyasah dalam menjalankan amanahnya sebagai seorang pemimpin hal ini dapat dilihat dari sikap aparatur yang transparan dan selalu melibatkan anggota masyarakat dalam melakukan pemerataan pembangunan. Desa Padang Cermin merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia, sebelum terjadi pemekaran Kabupaten, Kecamatan ini menjadi bagian dari Kabuapen Lampung Selatan kemudian dipecah menjadi dua kabupaten, yaitu Lampung Selatan yang beribukota di Kalianda dan Pesawaran yang beribukota di Gedong Tataan. Isu yang beredar di lapangan menjelaskan bahwa pemerintah desa di dalam melakukan pemerataan pembangunan belum sesuai dan belum terlaksana secara maksimal, Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat apakah peran pemerintah desa didalam pemerataan pembangunan sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 atau belum terlaksana secara maksimal seperti isu yang beredar di masyarakat. Islam mengajarkan agar selalu bersikap adil, dalam hal ini pemerintah desa di harapkan untuk adil di dalam melakukan pemerataan pembangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:42
Last Modified: 14 Aug 2023 04:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item View Item