BIMBINGAN PRIBADI MELALUI PROGRAM ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIRAN ANAK TUNAGRAHITA DI PKLK (PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG

STELLA, GITALARAS BERLIANA PUTRI (2023) BIMBINGAN PRIBADI MELALUI PROGRAM ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIRAN ANAK TUNAGRAHITA DI PKLK (PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK STELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anak Tunagrahita yang berada di PKLK Growing Hope Bandar Lampung mengalami kurangnya kemandirian seperti, merawat diri, menolong diri sendiri, mengurus diri, tingkah laku dan interaksi yang tidak normal, apabila hal ini dibiarkan saja maka akan mempersulit dirinya sendiri yang membuatnya tidak bisa mandiri dan harus bergantung dengan orang lain. Maka dari itu dibutuhkan adanya bimbingan pribadi yang bertujuan untuk memberikan bantuan yang bersifat pribadi melalui program acitivity daily living untuk membangun kemandirian mereka. Kemudian, dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang proses bimbingan pribadi melalui program acitivity daily living untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK growing Hope bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuanlitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 5 anak tunagrahita yang terdapat dalam kelas acitivity daily living, 1 kepala sekolah, 1 psikolog,1 wali kelas. Sedangakan sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku, dokumen, internet, dan media cetak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan pribadi untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK Growing Hope Bandar Lampung telah dilaksanakan melalui 3 tahap , yaitu: 1) Tahap Awal (perencanaan), yaitu penyesuaian dengan guru, teman, dan lingkungan, serta penjelasan tentang materi pembelajaran bertujuan agar anak tunagrahita dapat memahani maksud dan tujuan dari pembelajaran yang mereka dapatkan. 2) tahap Kerja (pelaksanaan), yaitu tahap inti pada program acitivity daily living disini mengguanakan metode demonstrasi, pemberian tugas, simulasi, dan karyawisata. Di tahap kerja ini anak tunagrahita sudah masuk program inti dari program acitivity daily living seperti pembelajaran tentang merawat diri, mengurus diri, menjaga diri, menolong diri sendiri, berkomunikasi, dan bersosialisasi. 3) Tahap Akhir, yaitu penutup kegiatan yang didalamnya mencakup kegiatan evaluasi, keberhasilan dan hambatan, dan tidak lanjut (follow up) sebelum guru pembimbing atau psikolog melakukan tindak lanjut iii mereka akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sehingga mereka dapat mengukur kemampuan perkembangan anak tunagrahita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan pribadi melalui program acitivity daily living untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK Growing Hope Bandar Lampung telah berhasil dijalankan dan sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita. Kata Kunci : Bimbingan Pribadi, Acitivity Daily Living, Anak Tunagrahita iv Mentally Disabled Children who are at PKLK Growing Hope Bandar Lampung experience a lack of independence such as taking care of themselves, helping themselves, taking care of themselves, behavior and interactions that are not normal, if this is left alone it will make it difficult for themselves which makes them unable to be independent and have to depend on other people. Therefore, there is a need for personal guidance which aims to provide personal assistance through activity daily living programs to build their independence. Then, in this study the researchers were interested in researching the process of personal guidance through the activity daily living program to increase the independence of mentally retarded children at PKLK growing Hope, Bandar Lampung. This type of research is field research (field research) which is descriptive quantitative in nature. The primary data sources in this study were 8 people, consisting of 5 mentally retarded children in the activity daily living class, 1 school principal, 1 psychologist, 1 homeroom teacher. Meanwhile, secondary data sources in this study were obtained from books, documents, the internet, and print media. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is the Miles and Huberman analysis model, which consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the implementation of personal guidance to increase the independence of mentally retarded children at PKLK Growing Hope Bandar Lampung has been carried out through 3 stages, namely: 1) Initial Stage (planning), namely adjustment with teachers, friends, and the environment, as well as an explanation of learning material aims so that mentally retarded children can understand the intent and purpose of the learning they get. 2) the work stage (implementation), which is the core stage in the activity daily living program here using demonstration methods, assignments, simulations, and field trips. At this stage of work mentally retarded children have entered the core program of the activity daily living program such as learning about self-care, self�care, self-care, self-help, communication and socialization. 3) Final Stage, namely closing activities which include evaluation activities, successes and obstacles, and follow-up before the supervising teacher or psychologist carries out the follow-up they will conduct an evaluation first so that they can measure the developmental abilities of ABSTRACT v mentally retarded children. The conclusion of this study is that the implementation of personal guidance through the activity daily living program to increase the independence of mentally retarded children at PKLK Growing Hope Bandar Lampung has been successfully carried out and in accordance with the needs of mentally retarded children. Keywords: Personal Guidance, Activity Daily Living, Mentally Disabled Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:48
Last Modified: 14 Aug 2023 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29628

Actions (login required)

View Item View Item