KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA AKTIF ORGANISASI DITINJAU DARI ORIENTASI TUJUAN PENCAPAIAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL

ASSYIFA, SAFIRA (2023) KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA AKTIF ORGANISASI DITINJAU DARI ORIENTASI TUJUAN PENCAPAIAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas persahabatan merupakan taraf keberfungsian suatu fungsi persahabatan, mahasiswa organisasi yang berada dalam rentang usia 18-24 tahun memiliki tanggung jawab atas keberhasilan akademik dan keberhasilan sosial untuk menyukseskan tugas perkembangannya. Berdasarkan hal tersebut, penting bagi mahasiswa organisasi memiliki kualitas persahabatan yang tinggi, karena akan mendukung keberhasilan dalam domain sosial maupun akademik, karena salah satu keberhasilan dalam domain sosial pada tahap ini adalah dengan memiliki hubungan akrab yang positif, dan salah satunya adalah persahabatan. Di sisi lain, perbedaan orientasi dan cara pandang individu dalam mengevaluasi dan menilai suatu relasi sosial dan hasil relasi sosial akan mempengaruhi pembentukan pola interaksi, pembentukan hubungan akrab serta cara evaluasi sosial yang berbeda pula. Hal tersebut diartikan sebagai orientasi tujuan dalam domain sosial. Terdapat tiga jenis pendakatan orientasi tujuan pencapaian sosial, Ketiga jenis pendekatan orientasi tujuan pencapaian sosial tersebut akan membentuk pola interaksi yang berbeda dengan cara pandang dan motivasi sosial yang berbeda juga. Lebih lanjut, Keterampilan individu dalam mengambil peran dan memberikan respon yang tepat dalam suatu proses sosial juga akan mempengaruhi kualitas persahabatannya. Dalam artian lain, keterampilan sosial yang dimiliki individu akan berhubungan dengan kualitas persahabatan individu tersebut. Penelitian ini dilakukan guna melihat perbedaan taraf kualitas persahabatan mahasiswa organisasi beradasarkan jenis orientasi tujuan pencapaian sosial serta menguji korelasi keterampilan sosial dengan kualitas persahabatan. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 140 mahasiswa organisasi yang diambil menggunakan teknik purpossive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Mcgill freindship questionnaire- friendship function (MCGILL�FF) untuk mengukur kualitas persahabatan, social achievment goals scales untuk menentukan jenis orientasi tujuan pencapaian sosial, sedangkan skala keterampilan sosial digunakan untuk mengukur keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan uji analisis data korelasi dan komparatif menggunakan SPSS 20.00 Hasil penelitian menunjukkan Tidak terdapat perbedaan taraf kulitas persahabatan antara orientasi tujuan pengembangan sosial dan orientasi tujuan pendekatan demonstrasi sosial dilihat dari nilai signifikasi yang diperoleh yakni sig 0,261 (0.05), Terdapat perbedaan yang signifikan antara Orientasi tujuan pengembangan sosial dan orientasi tujuan penghindaran demonstrasi terhadap kualitas persahabatan mahasiwswa organisasi dilihat dari nilai signifikasi yang diperoleh yakni sig 0,000 (0,05), Terdapat perbedaan yang signifikan antara orientasi tujuan pendekatan demonstrasi sosial dan orientasi tujuan penghindaran demonstrasi sosial terhadap taraf kualitas persahabatan mahasiswa organisasi dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh yakni sig 0,000 (0,05) di sisi lain, Terdapat hubungan antara keterampilan sosial dengan kualitas persahabatan berdasarkan hasil uji hipotesis dimana didaptkan r x4y0,646 dengan nilai sig 0,00 (0,05) Kata kunci : kualitas persahabatan, orientasi tujuan,dan keterampilan sosial. ABSTRACT The quality of friendship is the level of functioning of a friendship function, organizational students who are in the age range of 18-24 years have responsibility for academic success and social success to succeed in their developmental tasks. Based on this, it is important for organizational students to have high quality friendships, because it will support success in the social and academic domains, because one of the successes in the social domain at this stage is to have positive close relationships, and one of them is friendship. On the other hand, differences in orientation and individual perspectives in evaluating and assessing a social relationship and the results of social relations will affect the formation of patterns of interaction, the formation of intimate relationships and different ways of social evaluation. This is interpreted as a goal orientation in the social domain. There are three types of social achievement goal orientation approaches. The three types of social achievement goal orientation approaches will form different interaction patterns with different social perspectives and motivations. Furthermore, individual skills in taking roles and providing appropriate responses in a social process will also affect the quality of friendship. In another sense, the social skills possessed by individuals will be related to the quality of the individual's friendship. This research was conducted to see the differences in the quality level of organizational student friendships based on the type of social achievement goal orientation and to test the correlation of social skills with the quality of friendship. The number of participants in this study were 140 organizational students who were taken using a purposive sampling technique. The instruments used to collect data were the McGill friendship questionnaire- friendship function (MCGILL-FF) to measure the quality of friendship, social achievement goals scales to determine the type of social achievement goal orientation, while the social skills scale was used to measure social skills. This study used correlation and comparative data analysis tests using SPSS 20.00. The results showed that there was no difference in the quality level of friendship between the social development goal orientation and the social demonstration approach goal orientation seen from the significance value obtained, namely sig 0.261 (0.05). There was a significant difference between social development goal orientation and demonstration avoidance goal orientation on friendship quality. student organizations seen from the significance value obtained, namely sig 0.000 (0.05). There is a significant difference between the goal orientation of the social demonstration approach and the goal orientation of avoiding social demonstrations on the quality level of organizational student friendship seen from the significance value obtained, namely sig 0.000 (0 .05) on the other hand, there is a relationship between social skills and the quality of friendship based on the results of hypothesis testing where r x4y0.646 is obtained with a sig value of 0.00 (0.05) Keywords: quality of friendship, goal orientation, and social skils.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:26
Last Modified: 14 Aug 2023 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29626

Actions (login required)

View Item View Item