PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SIRAH NABAWIYAH KARYA IBNU HISYAM DAN SYAIKH SYAFIYYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI

SANTI, WIDYA SARI (2023) PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SIRAH NABAWIYAH KARYA IBNU HISYAM DAN SYAIKH SYAFIYYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+2&DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SIRAH NABAWIYAH KARYA IBNU HISYAM DAN SYAIKH SYAFIYYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI Di era ini, masyarakat sedang mengalami kemerosotan akhlak yang sangat mengkhawatirkan. Kemerosotan akhlak yang terjadi merupakan salah satu dampak dari derasnya arus globalisasi. Selain itu, kemerosotan akhlak juga dapat disebabkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat mengenai kisah teladan para nabi, terutama Nabi Muhammad SAW. dan para sahabatnya. Salah satu karya ulama’ yang memuat sejarah perjalanan hidup Rasulullah SAW. adalah buku Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam dan Syaikh Syafiyyurrahman Al�Mubarakfuri. Peneliti tertarik untuk mencari persamaan dan perbedaan konsep pendidikan akhlak dalam kedua Sirah Nabawiyah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan cara analisis isi. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dalam konsep pendidikan akhlak dalam Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam dan Syaikh Syafiyyurahman Al-Mubarakfuri, yaitu pada aspek ruang lingkup pendidikan akhlak yaitu pada pendidikan akhlak kepada sesama manusia, dasar pendidikan akhlak, dan tujuan pendidikan akhlak. Dan terdapat perbedaan pada metode pendidikan akhlak dan ruang lingkup pendidikan akhlak, yaitu pada pendidikan akhlak kepada Allah SWT., pendidikan akhlak kepada Rasulullah SAW., pendidikan akhlak kepada diri sendiri, dan pendidikan akhlak kepada lingkungan. Kata kunci: Pendidikan akhlak, Ibnu Hisyam, Syaikh Syafiyyurrahman Al-Mubarakfuri iv ABSTRACT COMPARISON OF THE CONCEPT OF MORAL EDUCATION IN THE SIRAH NABAWIYAH BY IBNU HISYAM AND SYAIKH SYAFIYYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI In this era, society is experiencing a very worrying moral decline. The moral decline that occurs is one of the effects of the swift currents of globalization. In addition, moral decline can also be caused by the lack of public knowledge about the exemplary stories of the prophets, especially the Prophet Muhammad SAW. and his friends. One of the works of scholars which contains the history of the life journey of Rasulullah SAW. is the book Sirah Nabawiyah by Ibnu Hisyam and Syaikh Syafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Researchers are interested in finding similarities and differences in the concept of moral education in the two Sirah Nabawiyah. The research method used in this research is library research. Data collection was carried out using documentation study techniques and data analysis done by means of content analysis. The data sources used are primary data sources and sources data seconds. The results of the study show that there are similarities in the concept of internal moral education Sirah Nabawiyah by Ibnu Hisyam and Syaikh Syafiyyurahman Al-Mubarakfuri, namely on the aspect the scope of moral education is on moral education to fellow human beings, the basis of education morals, and the purpose of moral education. And there are differences in moral and spatial education methods the scope of moral education, namely on moral education to Allah SWT., moral education to Rasulullah SAW., moral education to oneself, and moral education to the environment. Keywords: Moral education, Ibnu Hisyam, Syaikh Syafiyyurrahman Al-Mubarakfur

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:57
Last Modified: 11 Aug 2023 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29621

Actions (login required)

View Item View Item