UPAYA PANITIA PENGAWAS PEMILU TINGKAT KECAMATAN DALAM MENCEGAH PRAKTIK MONEY POLITIC PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH SIYÃSAH (Studi Pada Panwaslu Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran)

Indra, Nurul Hidayat (2023) UPAYA PANITIA PENGAWAS PEMILU TINGKAT KECAMATAN DALAM MENCEGAH PRAKTIK MONEY POLITIC PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 DITINJAU DARI PERSPEKTIF FIQH SIYÃSAH (Studi Pada Panwaslu Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi unisco indra pdf (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Politik uang dikemas dalam berbagai bentuk seperti pemberian hadiah, pembagian kupon, dan sumbangan. Politik uang sudah melekat dengan masyarakat. Kondisi masyarakat di Kabupaten Pesawaran kecamatan Way Khilau kebutuhan ekonomi di kalangan masyarakat menengah ke bawah sangat dirasakan dengan kebutuhan pangan yang harus mereka penuhi. Berkesinambungan pada keadaan PILKADA serentak ke depan dan keadaan masyarakat seperti ini akan sangat rentan terhadap politik uang yang akan dimainkan oleh para calon yang membutuhkan suara mereka dengan membeli seharga kebutuhan mereka. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis lebih tertarik lebih untuk mengkaji terkait masalah “Upaya Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Di Tinjau Dari Perspektif Fiqh Siyãsah (Studi Kasus Panwaslu Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran)”. Adapun Rumusan Masalah yaitu: Bagaimana Upaya Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Di Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran? Dan Bagaimana Pandangan Fiqh Siyãsah Terhadap Upaya Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Way Khilau Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Pesawaran?. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk Mengetahui Upaya Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Di Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran dan Untuk Mengetahui Pandangan Fiqh Siyãsah Terhadap Upaya Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Way Khilau Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Pesawaran. Hasil dari penelitian bahwa Deskripsi Upaya Panitia Pengawasan Pemilu Tingkat Kecamatan Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 Di Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran yaitu: Melakukan Sosialisasi Dini kepada masyarakat Kecamatan Way Khilau mengenai Sanksi apabila iv ditemukan pelanggaran politik uang; Melakukan pengawasan melekat dan memastikan pemasangan sesuai dengan juknis dan zonasi yang telah ditetapkan; Melakukan Pencegahan melalui Surat Edaran untuk disampaikan kepada Kantor Kecamatan hingga peratin dan seluruh lapisan masyarakat. Pandangan Fiqh Siyãsah Terhadap Upaya Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Way Khilau Dalam Mencegah Praktek Money Politic Pada Pemilihan Kepala Daerah Pesawaran yaitu Upaya Pencegahan Praktek Money Politc merupakan bagian pengaturan. Disisi lain penegak hukum maupun masyarakat dalam menjalankan Pemilihan Kepala Daerah harus taat kepada pemimpin (ulil amri) dan taat kepada peraturan perundang-undangan. Secara teorinya dalam melaksanakan atau mengimplementasikan Peraturan masuk ke dalam Siyãsah Tanfidziyyah. Siyãsah Tanfidziyyah dalam hukum pemerintahan Islam diartikan sebagai kekuasaan yang melaksanakan sebuah peraturan perundang-undangan. Kata Kunci : Pemilu, Money Politic, Fiqh Siyãsah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:24
Last Modified: 11 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29614

Actions (login required)

View Item View Item