PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KONSEPSI ISLAM(KAJIAN TEORITIS AL QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-15)

SILVI, YUNIKA SARI (2023) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT KONSEPSI ISLAM(KAJIAN TEORITIS AL QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-15). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi denganpentingnya pendidikan anak diajarkan sejak dini mulai dari lingkungan terkecil (orangtua), sekolah formal maupun non formal dan diterapkan dalam masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Serta pentingnya peran orang tua dalam mendidik anaknya untuk menjadi manusia yang berakhlaqul karimah dan memiliki nilai moral dalam pergaulan.Banyaknya pengaruh dari lingkungan sekitar akan merusak akhlaq anak jika mereka terlepas dari pengawasan orang tua, Dalam menyikapi hal ini peran orang tua sangatlah di butuhkan dalam memberikan pendidikan kepada anak�anaknya. Peneliti bermaksud mengkaji pendidikan pendidikan yang terkandung di dalam surat al-Luqman ayat 12-15 yang mana didalamnya terdapat beberapa pendidikan yang diberikan Luqman kepada anaknya. Penelitian iniuntuk memenuhi harapan orangtua diperlukan cara mendidik anak dengan baik dan benar, al-Qur‘an telah menyebutkan cara-cara mendidik anak dengan baik yang tertuang dalam surat Luqman yang terangkum dalam ayat 12-15. pentingnya peran orang tua dalam mendidik anaknya untuk menjadi manusia yang berakhlaqul karimah dan memiliki nilai moral dalam pergaulan.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer (pokok) yang merupakan sumber data utama yang berkaitan langsung dengan objek riset meliputi QS Luqman ayat 12- 15 dan sumber data sekunder (Penunjang atau pendukung data primer)yang meliputi jurnal, hadits dan buku-buku yang mendukung dan melengkapi data-data primer.. Selanjutnya, data yang sudah diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan Analisis isi (Content analysis). Hasil penelitian yang ditemukan yaitu mengenaipokok pokok isi surah Luqman ayat 12-15 tentang pengajaran bersyukur(ayat 12)pengajaran tidak boleh syirik / tidak menyekutukan Allah(ayat 13), pengajaran tentang biruwalidain/Berbakti kepada kedua orang tua(ayat iv 14) pengajaran tentang Aqidah yang benar (ayat 15).Kemudian materi pendidikan anak usia dini yang terkandung dalam surat Luqman ayat 12-15 yaitu, materi pendidikan syariah/ibadah,pendidikan Aqidah/ Tauhid, pendidikan akhlaqul karimah.Relevansi konsep pendidikan anak usia dini dalam surat Luqman dengan pendidikan saat ini yaitu orang tua harusmemperhatikan metode ataupun konsep yang tepatdalam mendidik anak. Tentunya cara paling tepat yang digunakan dalam mendidik anak adalah cara yang sesuai dengan kebutuhan anak dan dalam surat Luqman dapat dijadikan pedoman bagi orang tua untuk mendidik anak. Namun berdasarkan pada masyarakat yang ada, strategi pendidikan Luqman terhadap anaknya tidak banyak dilakukan oleh para orang tua zaman sekarang yang lebih banyak mengedepankan kepentingan dunia dari pada kepentingan akhirat.Sedangkan Nilai nilai pendidiksn yang terkandung dalam Q.s Luqman ayat 12-15 yaitu terbiasa mengikuti syariat allah, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan amanah,dapat membentuk kepribadian islam yang mulia.Metode dalam knsep pendidikan anak usia dini yang terdapatdalam al-Qur‟an surah Luqman ayat 12-15 diantaranya yaitu Metode Nasihat (Mau‟izzah) , Targhib wa Tarhiib, Dialog,pembiasaan,keteladanan. Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Al Qur’an Surah Luqman ayat 12-15 ABSTRACT This research is motivated by the importance of children's education being taught from an early age starting from the smallest environment (parents), formal and non-formal schools and applied in society, nation and state. As well as the importance of the role of parents in educating their children to become human beings who have good morals and have moral values in association. The many influences from the surrounding environment will damage children's morals if they are released from parental supervision. In addressing this, the role of parents is needed in providing education to their children. The researcher intends to examine the educational education contained in sura al-Luqman verses 12-15 which includes some of the education that Luqman gave to his children. This research, to meet parents' expectations, requires a way to educate children properly and correctly, the Qur'an has mentioned ways to educate children properly as stated in Surah Luqman which is summarized in verses 12-15. the importance of the role of parents in educating their children to become human beings who have good morals and have moral values in relationships. This research used a qualitative approach with the type of library research. Data collection techniques in this study used documentation techniques. The data analysis technique used was descriptive method. The data sources in this study were obtained from primary data sources (principal) which are the main data sources that are directly related to the research object including QS Luqman verses 12-15 and secondary data sources (Supporting or supporting primary data) which includes journals, hadith and books that support and complement the primary data. Furthermore, the data that has been obtained is then analyzed using content analysis. The results of the research found were regarding the main points of the contents of surah Luqman verses 12-15 about teaching gratitude (verse 12) teaching not to shirk / not associating partners with Allah (verse 13), teaching about blue walidain / devotion to both parents (verse 14) teaching about Aqidah which is correct (verse 15). Then the early childhood education material contained in the letter Luqman verses 12-15 namely, the material for sharia/worship education, Aqidah/Tawhid education, akhlaqul karimah education. The relevance of the concept of early childhood education in Luqman's letter to education At this time, parents must pay attention to the right methods or concepts in educating children. Of course, the most appropriate way used in educating children is the way that suits the needs of the child and in Luqman's letter can be used as a guide for parents to educate children. However, based on the existing society, Luqman's educational strategy for his children is not widely carried out by today's parents who prioritize the interests of the world rather than the interests of the afterlife. Meanwhile, the educational values contained in Q.s Luqman verses 12-15 are accustomed to following the Shari'a of Allah , fostering a sense of responsibility and trustworthiness, can form a noble Islamic personality. The methods in the concept of early childhood education contained in the Qur'an surah Luqman verses 12-15 include the Advice Method (Mau'izzah), Targhib wa Tarhiib, Dialogue , habituation, exemplary. Keywords: Early Childhood Education, Al Qur'an Surah Luqman verses 12-15

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:26
Last Modified: 11 Aug 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29613

Actions (login required)

View Item View Item