IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN NOMOR 2.A TAHUN 2016 TENTANG KAWASANTANPA ROKOK PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYYAH (Studi Pada Puskesmas Hanura Pesawaran)

RICKY, SEPTIAN (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN NOMOR 2.A TAHUN 2016 TENTANG KAWASANTANPA ROKOK PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYYAH (Studi Pada Puskesmas Hanura Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah rokok masih menjadi masalah nasional yang diprioritaskan upaya penanggulangannya karena menyangkut berbagai aspek dalam kehidupan seperti aspek ekonomi, sosial politik, dan terutama aspek kesehatan. Perlunya KTR juga menjadi instruksi untuk pemerintah daerah untuk mengeluarkan kebijakan pelarangan merokok di tempat-tempat yang ditentukan. Hal ini termuat dalam Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan. Pasal 25 yang memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah untuk mewujudkan kawasan tanpa rokok. Dalam agama Islam, tidak ada larangan untuk melarang siapapun yang melakukan tindakan yang berkaitan dengan kebiasaan seseorang, selama hal tersebut tidak merugikan pihak atau orang lain. Demikian halnya dengan merokok, yang bergantung pada kepribadian setiap individu. Islam hanya mengajarkan umatnya untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2.A Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Fiqh Siyasah Tanfiziyyah (Studi Pada Puskesmas Hanura Pesawaran). Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu 1).Bagaiamana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2.A Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokokdi Puskesmas Hanura Pesawaran, 2). Bagaimana Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2.A Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Fiqh Siyasah Tanfiziyyah. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2.A Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok di Puskesmas Hanura Pesawaran, 2). Mengetahui Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2.A Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Fiqh Siyasah Tanfiziyyah Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, penelitian ini menggunakan teknik analisis dan menafsirkan data berdasarkan landasan teori tertentu. iii Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Implementasi Peraturan Daerah Kabuaten Pesawaran Nomor 2.A Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Fiqh Siyasah Tanfiziyyah terdapat pada pasal 3 yaitu sangatlah efektif guna Melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya akibat merokok khususnya dikawasan / lingkungan yang membutuhkan udara bersih dan sehat seperti rumah sakit dan puskesmas, Membudayakan hidup sehat, Menekan angka pertumbuhan perokok pemulan dan Menciptakan tempat yang sehat, nyaman dan aman. Sedangkan perspektif Siyasah Tanfiziyyah, Puskesmas Hanura sudah berusaha memaksimalkan untuk menetapkan peraturan kebijakan kawasan tanpa rokok sehingga dapat dinyatakan bahwa Puskesmas Hanura dalam hal ini telah sesuai dengan ketetapan Fiqh Siyasah Tanfiziyyah. Kata Kunci: Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran, Kawasan Tanpa Rokok, Fiqh Siyasah Tanfiziyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:06
Last Modified: 11 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29609

Actions (login required)

View Item View Item