PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA TEMA 9 KELAS IV SD/MI

ARA, NATASYA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA TEMA 9 KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ARA NATASYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi disekolah seperti yang terdapat dalam identifikasi masalah yaitu: (1) media Pembelajaran yang digunakan tidak variatif untuk berbagai jenis tema dan menyenangkan bagi siswa (2) bahan ajar yang di berikan masih cenderung monoton yaitu berupa media cetak sehingga peserta didik kurang berperan aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung (3) kurang memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada dalam proses pembelajaran. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran e-modul interaktif pada tema 9 kelas IV(2) mengetahui kelayakan media pembelajaran e�modul interaktif (3) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran e-modul interaktif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaliation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Sawah Lama dan SDN 2 Sawah Brebes. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 96%. Penilaian ahli media termasuk kategori sangat layak dengan presentase 91% dan penilaian ahli bahasa mendapat kategori sangat layak dengan presentase 88%. Pada uji coba skala kecil di SDN 2 Sawah Lama dengan peserta didik sebanyak 10 orang memperoleh presentase 88,9% dan skor 489 dengan skor maksimal 550. Pada uji coba lapangan skala besar di SDN 1 Sawah Brebes diikuti oleh 20 peserta didik diperoleh presentase 85% dengan skor 935 dan skor maksimal 1.100 dengan keterangan sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci:ADDIE, E-modul Interaktif, Media Pembelajaran iii ABSTRACT This research is motivated by problems that occur in schools as contained in problem identification, namely: (1) the learning media used are not varied for various types of themes and are fun for students (2) the teaching materials provided still tend to be monotonous, namely in the form of printed media so that students less active role during the learning process takes place (3) less use of existing communication technology in the learning process. With this research the aims are to: (1) develop interactive e-module learning media on the theme of 9 class IV (2) find out the feasibility of interactive e-module learning media (3) find out students' responses to interactive e-module learning media. The type of research used in this study is research and development (Research and Development). In this study using the ADDIE research method, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The subjects of this study were students of SDN 1 Sawah Lama and SDN 2 Sawah Brebes. The research data were obtained by interviews, observations and questionnaires. The results of the research based on the material expert validation questionnaire are included in the very feasible category with a percentage of 96%. The media expert's assessment is in the very proper category with a percentage of 91% and the linguist's assessment is in the very feasible category with a percentage of 88%. In the small-scale trial at SDN 2 Sawah Lama with 10 students obtaining a percentage of 88.9% and a score of 489 with a maximum score of 550. In the large-scale field trial at SDN 1 Sawah Brebes followed by 20 students obtained a percentage of 85%. with a score of 935 and a maximum score of 1,100 with very interesting information and is suitable for use as learning media. Keywords: ADDIE, Interactive E-module, Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:38
Last Modified: 11 Aug 2023 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item View Item