PEMODELAN VARIABEL MOTIVASI MINAT DAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS)

Fitri, Agustina (2023) PEMODELAN VARIABEL MOTIVASI MINAT DAN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FITRI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara tiga variabel laten yaitu motivasi, minat dan kecemasan belajar matematika serta keterkaitan indikator-indikator di setiap variabel laten. Indikator pada motivasi belajar terdiri dari ) Ketekunan dalam belajar , ) Ulet dalam menghadapi kesulitan , ) Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar, ) Berprestasi dalam belajar , ) Mandiri dalam belajar . Indikator pada minat belajar terdiri dari ) Perasaan Senang , ) Ketertarikan dalam belajar , ) Perhatian dalam belajar , ) Keterlibatan dalam belajar. Indikator pada kecemasan belajar ) Perasaan peserta didik, ) Fisik peserta didik, ) Pikiran peserta didik, ) Perilaku peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MIN Bandar Lampung. Teknik digunakan dalam menganalisis dengan analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu teknik analisis stastistika yang dikembangkan dari regresi linear berganda dan bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung mengenai variabel laten yang diteliti serta dikonfirmasi kembali model yang telah dihipotesiskan dengan berbantuan aplikasi Lisrel . Hasil penelitian menunjukan Tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar, minat belajar dan kememasan belajar peserta didik. Namun terdapat hubungan motivasi belajar dan kememasan belajar peserta didik. Terdapat hubungan antara indikator motivasi belajar dengan motivasi belajar peserta didik dan hubungan terkuatnya terletak pada peubah indikator yang indikator ketiga yaitu ketajaman perhatian dalam belajar (MOT ). Terdapat hubungan antara indikator minat belajar dengan minat belajar peserta didik dan hubungan terkuatnya terletak pada peubah indikator yang pertama yaitu perasaan senang peserta didik (MIN ). Terdapat hubungan antara indikator kememasan belajar dengan kememasan belajar peserta didik dan hubungan terkuatnya terletak pada peubah indikator yang pertama yaitu perasaan peserta didik (KEC ). Kata Kunci : Motivasi, minat dan kecemasan belajar matematika, Analisis jalur iv ABSTRACT This study was conducted to analyze the relationship between three latent variables, namely motivation, interest and anxienty in learning mathematics and the relationship between indicators in each latent variable. Indicators on learning motivation consist of ) Perseverance in learning, ) Tenacions in facing difficulties ) Interest and sharpness of attention in learning , ) Achievement in learning , ) I ndependence in learning . indicators of interest in learning consist of ) Feeling of pleasure ) Interest in learning, ) Attention in learning, ) Involvement in learning. Indicators on learning anxienty ) Feelings of learners, ) Physical learners , ) Learners’thoughts, ) Learners’ behavior This research was conducted at SMPN Bandar Lampung. The teachnique used in analyzing with path analysis which is a statistical analysis technique developed from multiple linear regression and aims to determine the direct and indirect relationship between the latent variables studied and reconfirm the hypothesized model with the help of the Lisrel application. The results showed that there was no relationship between learning motivation, learning interest and students’learning anxiety However , there is a relationship between learning motivation and students’ learning anxiety There is a relationship between learning motivation indicators and students’ learning motivation and the strongest relationship lies in the third indicator variable, namely the sharpness of attention in learning (MOT ) . There is a relationship between learning interest indicators and students’ interest in learning and the strongest relationship lies in the first indicator variable , namely students’ feelings of pleasure (MIN ). There is a relationship between learning anxiety indicators and students’ learning anxiety and the strongest relationship lies in the first indicator variable, namely students’ feelings(KECI) Keywords : Motivation, interest and math learning anxiety, path analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:11
Last Modified: 11 Aug 2023 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29591

Actions (login required)

View Item View Item