PERAN HARGA BAHAN PRODUK, MODAL USAHA, DAN MARKET ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM KERUPUK KEMPLANG DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Kerupuk Kemplang Kelurahan Bumi Waras Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung)

EKA, SHINTA OKTAVIA (2023) PERAN HARGA BAHAN PRODUK, MODAL USAHA, DAN MARKET ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM KERUPUK KEMPLANG DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Kerupuk Kemplang Kelurahan Bumi Waras Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK EKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran harga bahan produk, modal usaha, dan pemasaran online terhadap pendapatan UMKM kerupuk kemplang di masa pandemi Covid-19 dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi kasus, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yang terkait dengan usaha kerupuk kemplang. Sementara itu, data sekunder, seperti teori dan data pendukung lainnya, diperoleh melalui referensi kepustakaan dan sumber-sumber terkait di internet. Kedua jenis data ini digunakan sebagai bahan untuk mendeskripsikan peran harga bahan produk, modal usaha, dan pemasaran online terhadap pendapatan UMKM kerupuk kemplang dalam perspektif ekonomi Islam selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan pada usaha kerupuk kemplang di Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung. Penelitian menunjukkan bahwa harga bahan produk, modal usaha, dan pemasaran online memiliki pengaruh signifikan terhadap keuntungan pengusaha kerupuk kemplang. Pengusaha mayoritas menggunakan modal sendiri, namun ada juga yang meminjam dari bank konvensional. Meskipun pemasaran online masih baru bagi mereka, pasar online memiliki potensi tinggi dalam meningkatkan penjualan, terutama saat pandemi. Pengusaha perlu mempertimbangkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dan membangun kepercayaan konsumen. Penelitian juga menunjukkan bahwa seluruh pengusaha kerupuk kemplang di Kelurahan Bumi Waras mengalami peningkatan pendapatan, dengan salah satunya mengalami pertumbuhan yang pesat. Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi pengusaha namun pada akhirnya pengusaha mampu bangkit kembali. Kesuksesan dan pertumbuhan usaha ini bergantung pada strategi yang sesuai dengan kondisi pasar dan nilai-nilai Islam, serta inovasi dan ekspansi pasar yang berkelanjutan. Kata Kunci: Harga Bahan Produk, Modal Usaha, Market Online, Covid-19, Perspektif Ekonomi Islam. ABSTRACT This study was conducted to determine the role of product material prices, business capital, and online marketing on the income of kemplang crackers MSMEs during the Covid-19 pandemic in an Islamic economic perspective. This research uses qualitative methods and case studies, by collecting data through in-depth interviews and observations. Primary data was obtained directly from respondents related to the kemplang cracker business. Meanwhile, secondary data, such as theories and other supporting data, were obtained through literature references and related sources on the internet. Both types of data are used as materials to describe the role of product material prices, business capital, and online marketing on the income of kemplang crackers MSMEs from an Islamic economic perspective during the COVID-19 pandemic. This research was conducted at the kemplang cracker business in Bumi Waras Village, Bumi Waras District, Bandar Lampung City. The research shows that the price of product ingredients, business capital, and online marketing have a significant influence on the profits of kemplang crackers entrepreneurs. The majority of entrepreneurs use their own capital, but some borrow from conventional banks. Although online marketing is still new to them, it has high potential in increasing sales, especially during the pandemic. Entrepreneurs need to consider Islamic economic principles and build consumer trust. The research also shows that all kemplang cracker entrepreneurs in Kelurahan Bumi Waras experienced an increase in income, with one of them experiencing rapid growth. Covid-19 presents its own challenges for entrepreneurs but in the end entrepreneurs are able to bounce back. The success and growth of this business depends on strategies that are in accordance with market conditions and Islamic values, as well as continuous innovation and market expansion. Keywords: Product Material Price, Business Capital, Online Market, Covid-19, Islamic Economic Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:14
Last Modified: 11 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29590

Actions (login required)

View Item View Item