TINJAUAN SIYASAH IDARIYAH TERHADAP PERAN LEMBAGA KEAGAMAAN GEDUNG MENENG DALAM MENANGANI KEBUTUHAN PANGAN (Studi Lumbung Beras Duafa Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa)

TIARA, IKE OKTAVIYANTI (2023) TINJAUAN SIYASAH IDARIYAH TERHADAP PERAN LEMBAGA KEAGAMAAN GEDUNG MENENG DALAM MENANGANI KEBUTUHAN PANGAN (Studi Lumbung Beras Duafa Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK World Food Programme menyebutkan bahwa pada tahun 2020 bertepatan saat terjadinya Pandemi Covid-19, terdapat 768 juta jiwa yang mengalami kelaparan kronis. Angka kelaparan ini meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang berjumlah 650 juta jiwa. Padahal Indonesia merupakan Negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian dibidang pertanian, seharusnya dapat memenuhi kebutuhan pangan Indonesia. Hal ini terjadipula pada daerah Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Maka masalah pangan ini harus terpenuhi dan dengan begitu kelompok sosial Gedung Meneng bersama sama membentuk suatu Gerakan yaitu Gerakan Lumbung Beras Duafa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah Bagaimana peran Lembaga Keagamaan Gedung Meneng dalam menangani kebutuhan pangan pada Lumbung Beras Duafa Gedung Meneng? Yang kedua adalah Bagaimana tinjauan Siyasah Idariyyah pada Lumbung Beras Duafa Gedung Meneng?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Lembaga Keagamaan Gedung Meneng dalam menangani kebutuhan pangan pada Lumbung Beras Duafa Gedung Meneng dan untuk mengetahui tinjauan Siyasah Idariyyah dalam menjalankan Peran Lembaga Keagamaan Gedung Meneng dalam menangani Kebutuhan Pangan pada Lumbung Beras Duafa Gedung Meneng. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (feld research) dengan metode analisis kualitatif dan metode berfikir Induktif. Menggunakan sumber data Primer yang diperoleh dari lapangan secara langsung menganalisi objek yang di teliti dengan cara memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan data Sekunder yang diperoleh dari beberapa buku, jurnal, majalah dan lainya yang relevan dengan judul penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa peran Lembaga Keagamaan Gedung Meneng dalam menangani kebutuhan pangan dalam membentuk Lumbung Beras sudah baik, namun belum maksimal dalam mekanismenya karena masih ada beberapa sub-sistem dalam persyaratan terpenuhinya kebutuhan pangan yang belum tercapai terutama pada sub- iv ketersediaan, pengelolaan, dan donaturan beras. Pada tinjauan Siyasah Idariyyah dalam peran Lembaga Keagamaan Gedung Meneng dalam menangani kebutuhan pangan dalam menjalankan sesuatu yang sejalan dengan syariat Islam yang tujuannya untuk mengatur demi kepentingan pelayanan masyarakat itu sendiri sebagaimana yang tertuang didalam Al-Qur’an dalam surat An-Nisa ayat 59. Surah Al�Maidah ayat 49. Adanya kebijakan/peraturan dalam suatu Lembaga dalam pandangan Islam sangatlah penting dalam hal ini maka harus sesuai dengan tujuan dari pembentukan kelembagaan itu sendiri dimana adanya peraturan tersebut demi terpenuhinya kebutuhan pangan. Kata Kunci: Lembaga Keagamaan, Kebutuhan Pangan, Tinjauan Siyasah Idariyyah,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:01
Last Modified: 11 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29589

Actions (login required)

View Item View Item