PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 PENGAJARAN TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG

Nisa, Aprida Rahmah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 PENGAJARAN TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Nisa Aprida 1611100075.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pkn pada peserta didik kelas V SDN 1 Pengajaran Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experiment. Quasi Experiment merupakan bentuk desain yang memiliki kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi seutuhnya dalam mengontrol variabel-variabel luar yang nantinya dapat mempengaruhi eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Pengajaran dan kelas V SDN 1 Kupang Kota Bandar Lampung sebanyak 55 peserta didik, dengan dibagi menjadi dua kelompok yaitu Kelompok Eksperimen diambil sebanyak 20 peserta didik dan Kelompok Kontrol sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi . Teknik analisis data terdiri atas dua tahap yaitu, tahap deskripsi data, dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar siswa. Sedangkan tahap uji hipotesis menggunakan uji Paired T-test dengan taraf signifikansi 5%. Dalam proses perhitungan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki kinerja yang lebih baik terhadap hasil belajar Pkn peserta didik kelas V SDN 1 Pengajaran Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Pkn peserta didik kelas V atau memperkuat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pkn peserta didik kelas V SDN 1 Pengajaran Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan iv ABSTRACT This study aims to determine the effect of the STAD type cooperative learning model on PKN learning outcomes in grade V students of SDN 1 Teaching Teluk Betung Utara Bandar Lampung. This research is an experimental research using Quasi Experiment research design. Quasi Experiment is a form of design that has a control group, but cannot function fully in controlling outside variables that can later affect the experiment. The independent variable in this study is the STAD type cooperative learning model while the dependent variable is learning outcomes. The subjects of this study were 55 students of grade V SDN 1 Teaching and class V of SDN 1 Kupang Bandar Lampung City, divided into two groups, namely the Experimental Group taken as many as 20 students and the Control Group as many as 20 students. The data collection techniques used are tests and documentation. Data analysis techniques consist of two stages, namely, the data description stage, and the hypothesis testing stage. The data description stage includes the distribution of student learning outcomes data. While the hypothesis test stage uses the Paired T-test with a significance level of 5%. In the process of calculations using the help of a computer program SPSS version 17.0 for windows. The results showed that the application of the STAD type cooperative learning model had a better performance on the learning outcomes of grade V students of SDN 1 Teaching Teluk Betung Utara Bandar Lampung. This shows that the variables of the STAD type cooperative learning model have a positive and significant effect on the learning outcomes of grade V students or strengthen the influence between the STAD type cooperative learning model on the learning outcomes of grade V students of SDN 1 Teaching Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Keywords : STAD Type Cooperative Learning Model, Learning Outcomes, Civic Education Subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:58
Last Modified: 11 Aug 2023 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29587

Actions (login required)

View Item View Item