PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 2 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG

ALBINA, AGUSLIANI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 2 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER 1-2-5 Repository.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ALBINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar khususnya pembelajaran bahasa Indonesia masih rendah pada peserta didik kelas IV di SDN 2 Harapan Jaya Bandar Lampung diketahui proses pembelajaran belum maksimal mengingat belum bervariasi penggunaan model pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi yaitu think talk write sebagai salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis dengan lancar sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN 2 Harapan Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think talk write (ttw) terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas IV SDN 2 Harapan Jaya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental design. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimen, dengan memberikan pretes dan posttest kepada peserta didik di kedua kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV B dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV C. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Buku diperoleh dari buku-buku tentang model pembelajaran think talk write dalam pembelajaran meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan pengelolaan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan SPSS V 25 For Windows, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dilakukan dapat digunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t, maka dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 iii (5%) pada Sig (2-tailed) maka Ho ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV di SDN 2 Harapan Jaya Bandar Lampung, dan dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) , Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:44
Last Modified: 11 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29586

Actions (login required)

View Item View Item