PENGARUH BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MINAT MUZAKKI PEMBAYARAN ZIS MELALUI E-MONEY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Mahdalena, Mulkat Tarizi (2023) PENGARUH BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MINAT MUZAKKI PEMBAYARAN ZIS MELALUI E-MONEY DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MAHDALENA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Meskipun penggunaaan e-money semakin meningkat, tetapi banyaknya masyarakat yang belum memahami fungsi dan cara menggunakannya. Apakah branding berpengauh terhadap minat muzakki dalam pembayaran zis melalui e-money dalam ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh branding terhadap minat muzakki pembayaran zis melalui e-money dalam ekonomi islam pada Baznas Kota Bandar Lampung serta pandangan islam terhadap setiap variabel. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probility sampling pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik uji dan analisis data yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel branding berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat muzakki pembayaran zis melalui e-money pada Baznas. dalam perspektif ekonomi islam, branding yang dapat mendatangkan kepuasan maka dapat memunculkan perasaan minat yang tercantum dalam surah al�isro 84 yang menjelaskan bahwa setiap orang berbuat sesuai pembawaannya masing-masing maka tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar menjalaninya Kata Kunci: Branding, Keputusan, Minat Muzakki, Pembayaran,Zis, E-money pada Baznas iii ABSTRACK Even though the use of e-money is increasing, many people do not understand its function and how to use it. Does branding affect muzakki's interest in paying zis via e-money in the Islamic economy. This study aims to test and analyze the influence of branding on the interest of muzakki in paying zis through e-money in the Islamic economy at the Baznas of Bandar Lampung City and the Islamic view of each variable. The method used in this research is quantitative. Sampling used a non-probability sampling technique. Measurements in this study used a Likert scale. The sample of this research is 100 respondents. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. Test techniques and data analysis, namely validity test, reliability test, normality test, linearity test, hypothesis testing using SPSS 26. The results of this study indicate that the branding variable has a partially significant effect on muzakki's interest in paying zis through e-money at Baznas. In an Islamic economic perspective, branding that can bring satisfaction can bring up feelings of interest as stated in Surah Al-Isro 84 which explains that everyone acts according to their own nature, so your God knows better who is more true to it. Keywords: Branding, Interest in Muzakki, Payment,Zis, E-money at Baznas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29584

Actions (login required)

View Item View Item