PEMIKIRAN HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH (HAMKA) TENTANG DAKWAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

RAHMAT, HIDAYAT (2023) PEMIKIRAN HAJI ABDUL MALIK KARIM AMRULLAH (HAMKA) TENTANG DAKWAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM. Doctoral thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Disertasi Cover s.d Bab 2 Rahmat Hidayat.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Disertasi Penuh Rahmat Hidayat.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Abstrak Konstruksi berfikir yang dibangun dalam penelitian disertasi ini ialah pemikiran dan gerakan dakwah seorang Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau Hamka yang bergelar adat Datu Indomo terhadap pengembangan masyarakat Islam. Fokus kajian pada sebuah reformasi pemikiran, gagasan dan gerakan dakwah Hamka yang diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan agama. Dalam kajian ini setidaknya terdapat dua aspek penting yang menjadi konteks; Pertama, Hamka adalah sebagai ulama/ dai yang humanis, fenomenal yang juga sebagai praktisi dengan kemampuan mengintegrasikan dakwah dalam tatanan kehidupan sosial, politik, sastra, budaya dan berorganisasi. Kedua, dakwah sebagai media yang digunakan Hamka dalam menyebarkan Islam dengan persuasif melalui metode sufistik. Unsur-unsur yang dikaji dalam disertasi ini adalah menyoal; 1) Konstruksi pemikiran dan gerakan Hamka tentang dakwah, 2) Prihal yang melatar belakangi pemikiran dan pergerakan Hamka tersebut, 3) Metode atau pola dakwah yang digunakan Hamka, dan 4) Bagaimana pemikiran pergerakan tersebut berimplikasi terhadap pengembangan masyarakat Islam. Disertasi ini menggunakan metode analisis wacana (critical discourse analysis/ CDA) dalam kajian pustaka. Prihal telaah nilai pemikiran dan gerakan Hamka dilakukan secara komprehensif sesuai dengan konteks yang berkembang; Pertama, Melalui karya atau buah fikir Hamka berupa buku, artikel dan tulisannya, Kedua, Dengan tulisan-tulisan lainya yang membahas Hamka secara rinci, Ketiga, Observasi kondisi waktu dan tempat dimana Hamka hidup. Hamka dalam konsep ideologi dakwahnya menguatkan keutamaan pemurnian tasawuf berlandaskan al-Qur‟an dan Hadits. Secara prinsip Hamka dalam dakwahnya menggunakan pendekatan sufistik persuasif yang mengintegrasikan pemikiran keagamaan/teologi dengan instrumen kehidupan dan pemurnian dari perkara tahayul, bid‟ah dan kurafat. Pemikiran teologi Hamka lebih kepada Asy‟ariah dan pandangan fiqihnya mengutamakan ijtihad. Dalam politik Hamka mengutamakan akhlak dan kesantunan bukan kekerasan atau intimidasi dan sesuai dengan ajaran Islam yang universali dan kepentingan golongan. Implikasi dakwah Hamka bagi pengembangan masyarakat Islam adalah agar umat menjalankan syariat penuh dengan kekhusyuaan, mentalitas, dan bermasyarakat dengan tidak menjadi merasa ekslusif. Beragama dengan saling menghormati, menghargai, dan tetap mengedepankan kemurnian bagi agamanya sendiri. Dalam agamapun Hamka sangat mengedepankan persatuan kemaslahatan bersama dan bukan perpecahan umat karena perbedaan. Sikap demikian merupakan bentuk interpretasi Hamka dalam mengejawentahkan nilai-nilai Islam dalam konsep tasawuf modernnya. Keselarasan hidup berasama, berdampingan agama merupakan bentuk dakwah yang moderat (rahmatan lil a‟lamin). Hamka menegaskan bahwa dakwah bukanlah hanya sekedar tabligh, jauh dari itu dakwah adalah pengembangan verbal (al-lisan) dan non-verbal (al-hal). Gagasan ini dirasa sangat relevan dengan perkembangan zaman dan umat yang berdampingan dalam hal beragama, sosial, politik, budaya, berbangsa dan bernegara. Jalan dakwah yang Hamka gagas adalah; 1) Penyadaran (akhlak dan adab), 2) Pelembagaan/Organisasi, dan 3) Pemberdayaan masyarakat (damai dan sejuk). Transformasi ajaran dakwah Hamka berupa nilai-nilai hikmah Islam (al-Qur‟an dan hadits), da‟i secara individu, kelembagaan dakwah/organisasi (kolektif) dan negara. Sebagaimana sikap, akhlak, adab, tasamuh, sensibel, responsif, suportif, tidak sentimental, tidak kontroversi, tidak intimidasi, saleh secara individu dan sosial dalam dakwah adalah bentuk atau metode pengembangan peradaban masyarakat Islam. Alur dan paradigma Hamka tersebut secara garis besar menunjukan bahwa Hamka adalah sebagai ulama (da‟i) yang amaliah dakwahnya dengan melalui bi al-lisan (guru, sufi, mufasir, mubaligh), bi al-kitabah/ qolam (tulisan dan sastra) dan bi al-hal (pendidikan, organisasi, politik, pemerintahan dan kemasyarakatan). Kata Kunci: Hamka, Pengembangan Masyarakat Islam, Dakwah dan Tasawuf Modern viii Abstract This dissertation research concentrates on the thoughts and preaching performed by Haji Abdul Malik Karim Amrullah, or Hamka, who conveys the customary title Datu Indomo, towards the development of Islamic civilization. The focus of the study is on a reformation of Hamka's thoughts, ideas, and preaching movements applied in social and religious life. In this study, there are at least two important aspects that become the context: First, Hamka is a humanist, phenomenal ulama/dai who is also a practitioner with the ability to integrate da'wah in the order of social, political, literary, cultural, and organizational life. Second, da'wah as a medium used by Hamka in spreading Islam persuasively through Sufistic methods The elements studied in this dissertation are;1) the construction of Hamka's thoughts and movements about da'wah; 2) The background of Hamka's thoughts and movements; 3) The method or pattern of da'wah used by Hamka; and 4) How the thought of the movement has implications for the development of Islamic society. In its literature review, this dissertation employs the critical discourse analysis (CDA) method. The emerging context conducts a thorough examination of the worth of Hamka's thoughts and movements: First, through Hamka's works or thoughts in the form of books, articles, and writings; Second, with other writings that discuss Hamka in detail; and third, Third, Observation of the conditions of time and place where Hamka lived. In his da'wah concept, Hamka promotes the values of cleansing Sufism based on the Qur'an and Hadith. In general, Hamka deploys a convincing Sufistic approach in his da'wah, integrating religious and theological ideas with instruments of life and cleansing from superstition, heresy, and kurafat. Hamka's theological thinking is more Asyariah, and his fiqh views prioritize ijtihad. Hamka prioritizes values and civility over aggression and intimidation in politics, which is consistent with universal Islamic beliefs and collective interests. The implication of Hamka's da'wah for the development of Islamic society is that people carry out the full sharia with reverence, mentality, and society by not being exclusive. Religious people with mutual respect still prioritize purity for their religion. Even in religion, Hamka prioritizes the unity of the common good and not the division of the people because of differences. This attitude is a form of Hamka's interpretation of Islamic values in his modern concept of Sufism. A moderate degree of da'wah (rahmatan lil a'lamin) is the harmony of living together, side by side with religion. Da'wah, defined by Hamka, is the development of verbal (al�lisan) and nonverbal (al-hal) communication. This idea is considered very relevant to the development of the times and people who coexist in terms of religion, social, politics, culture, nation, and state. The way of da'wah that Hamka initiated is; 1) Awareness (morals and adab), 2) Institutionalisation/ Organisation, and 3) Community empowerment (peace and cool). Hamka's da'wah teachings are being transformed into Islamic wisdom values (al�Qur'an and hadith), individual da'i, collective da'wah institutions/organizations, and the state. Individually and socially pious attitudes, morals, adab, tasamuh, sensible, responsive, supportive, not sentimental, not controversial not intimidating pious in da'wah are forms or means of creating Islamic community civilization. Hamka's flow and paradigm reveal that he is a scholar (da'i) whose da'wah activity is through bi al-listen (teacher, Sufi, mufasir, mubaligh), bi al-kitabah/ qolam (writing and literature), and bi al-hal (education, organization, politics, government, and society). Keywords: Hamka, Islamic Community Development, Da'wah and Modern Sufism ix انًهخض ثٕبء ٠فىش ثٕ١ذ فٟ ٘زا اٌجسث أطشٚزخ ٠ىْٛ زشوخ خٛاطش ِٚٛاػع ٌٍسبج ػجذ اٌٍّه وش٠ ُأِش هللا أٚ زّىخ اٌٍّمت ثبٌؼبداد خذ إٔذِٟٚ ٔسٛ رّٕ١خ اٌّدزّغ اإلعالِٟ. رشوض اٌذساعخ ػٍٝ إصالذ أفىبس زّىخ ٚزشوبرٙب اٌذػٛ٠خ اٌّطجمخ فٟ اٌس١بح االخزّبػ١خ ٚاٌذ٠ٕ١خ. فٟ ٘زٖ اٌذساعخ ، ٕ٘بن خبٔجبْ ِّٙبْ ػٍٝ األلً أٚ اال٘بِىب ٘ٛ ثبزث إٔغبٟٔ / داٞ ظب٘شٞ ٚ٘ٛ أ٠ اضب ِّبسط ٌذ٠ ٗاٌمذسح ػٍٝ دِح اٌذػٛح ٠صجسبْ اٌغ١بق ؛ فٟ رشر١ت اٌس١بح االخزّبػ١خ ٚاٌغ١بع١خ ٚاألدث١خ ٚاٌثمبف١خ ٚاٌزٕظ١ّ١خ.ثبٔ١خ،اٌذػٛح وٛع١ٍخ اعزخذِٙب زّىخ فٟ ٔشش اإلعالَ ثشىً ِمٕغ ِٓ خالي األعبٌ١ت اٌصٛف١خ. اٌؼٕبصش اٌزٟ رّذ دساعزٙب فٟ ٘زٖ اٌشعبٌخ ٟ٘ أعئٍخ. 1 )ثٕبء أفىبس زّىخ ٚرسشوبرٙب زٛي اٌذػٛح 2ِ.)زؼٍك أ٠ّخٍف١خ أفىبس ٚزشوبد زّىخ ، 3 )أعبٌ١ت أٚ أّٔبط اٌذػٛح اٌزٟ اعزخذِٙب زّىخ ، 4 )و١ف رؤثش أفىبس اٌسشوخ ػٍٝ رطٛس اٌّدزّغ اإلعالِٟ. رغزخذَ ٘زٖ اٌشعبٌخ طش٠مخ رسٍ١ ًاٌخطبة) رسٍ١ ًاٌخطبة إٌمذٞ (CDA / ب ٌٍغ١بق اٌّزطٛس فٟ ِشاخؼخ األدث١بد.ِزؼٍك دساعخ شبٍِخ ٌم١ّخ أفىبس ٚزشوبد زّىخ ٚفما ؛أٚ اال،ِٓ خالي أػّبي أٚ أفىبس زّىخ فٟ شىً وزت ِٚمبالد ٚوزبثبد ،ثبٔ١خ،ِغ وزبثبد أخشٜ رٕبلش ٘بِىب ثبٌزفص١، ًثبٌث،سالت ظشٚف اٌضِبْ ٚاٌّىبْ اٌزٟ ػبشذ ف١ٙب زّىخ. زّىخ فٟ ِفِٙٛٗ األ٠ذ٠ٌٛٛخٟ ٌٍٛػع ٠ؼضص أٌٚٛ٠خ رٕم١خ اٌصٛف١خ ػٍٝ أعبط اٌمشآْ ٚاٌسذ٠ث. ِٓ ز١ث اٌّجذأ ، ٠غزخذَ زّىخ فٟ ٚػظٗ ِمبسثخ صٛف١خ ِمٕؼخ رذِح اٌزفى١ش اٌذ٠ٕٟ / اٌال٘ٛرٟ ِغ أدٚاد اٌس١بح ٚاٌزطٙ١ش ِٓ اٌخشافبد ٚاٌجذع خشافبد. ٠زدٗ رفى١ش زّىخ اٌال٘ٛرٟ أوثش ٔسٛ األشؼش٠خ ٚآسائٗ اٌفمٙ١خ رؼطٟ األٌٚٛ٠خ ٌالخزٙبد. فٟ اٌغ١بعخ ، ٠ؼطٟ زّىخ األٌٚٛ٠خ ٌألخالق ٚاٌزأدة ٌٚ١ظ اٌؼٕف أٚ اٌزش٘١ت ، ٚ٠زٛافك ِغ اٌزؼبٌ١ ُاإلعالِ١خ.ػبٌّٟ ٚا٘زّبِبد اٌّدّٛػخ. رذاػ١بد دػٛح زّىخ ػٍٝ رّٕ١خ اٌّدزّغ اإلعالِٟ ٘ٛ أْ ٠مَٛ إٌبط ثزٕف١ز اٌشش٠ؼخ ثشىً وبًِ.خصٛص١خ ٚاٌؼمٍ١خ ٚاٌزٕشئخ االخزّبػ١خ ِٓ خالي ػذَ اٌشؼٛس زصشٞ. اٌذ٠ِ ٓغ االززشاَ اٌّزجبدي ٚاالززشاَ ِٚب صاي ٠ؼطٟ األٌٚٛ٠خ ٌطٙبسح د٠ .ُٕٙفسزٝ ب ٚزذح اٌصبٌر اٌؼبَ ٌٚ١ظ رمغ١ ُاٌشؼت ثغج اٌذ٠ ٓزّىخ ٠طشذ زم ت اٌخالفبد. ِثً ٘زا اٌّٛلف ٘ٛ شىً ا ِٓ أشىبي رفغ١ش زّىخ ف١ظٙش اٌم١ ُاإلعالِ١خ فٟ ِفَٙٛ اٌزصٛف اٌسذ٠ث. ، خٕجاب إٌٝ خٕت ، فئْ اٌذ٠ ٛ٘ ٓشىً ِؼزذي ِٓ اٌٛػع )سزّزبْ ٌٍؼبٌّ١ٚ .)ٓأوذ زّىخ ٚئبَ اٌس١بحِؼبا غ أْ اٌذػٛح ٌ١غذ ِدشد دػٛح ، ثً إْ اٌذػٛح ٟ٘ رّٕ١خ ٌفظ١خ )اٌٍ ب ُْ( ٚغ١ش اٌٍفظ١خ )اٌسبي(. ٠ُٕظش إٌٝ ٘زٖ ِّ اٌفىشح ػٍٝ أٔٙب ٚث١مخ اٌصٍخ ثزطٛس اٌؼصش ٚاألشخبص اٌز٠ ٓ٠زؼب٠شْٛ ِٓ ز١ث اٌذ٠ٚ ٓاالخزّبع ٚاٌغ١بعخ ٚاٌثمبفخ ٚاألِخ ٚاٌذٌٚخ. طش٠مخ زّىخ فٟ اٌىشاصح ٟ٘ ؛ 1 )اٌٛػٟ )األخالق ٚاألخالق( ، 2 )إضفبء اٌطبثغ اٌّؤعغٟ / اٌزٕظ١ ، ُ3 )رّى١ ٓاٌّدزّغ )اٌغالَ ٚاٌطّأٔ١ٕخ(. رسٛ٠ ًرؼبٌ١ ُزّىخ اٌذػٛ٠خ إٌٝ ل١ ُاٌسىّخ اإلعالِ١خ )اٌمشآْ ٚاٌسذ٠ث( ، ٚاٌذػبح األفشاد ، ِٚؤعغبد / ِٕظّبد اٌذػٛح )ِدزّؼخ( ٚاٌذٌٚخ. وّٛلف ، أخالق ، أدة ، رغبِر ، ػبلً ، ِزدبٚة ، داػُ ، غ١ش ػبطفٟ ، غ١ش ِث١ش ٌٍدذي ، غ١ش ِخ١ف ، رمٜٛ فشد٠اب ٚاخزّبػ١اب فٟ اٌذػٛح ٘ٛ شىً أٚ طش٠مخ ٌزّٕ١خ زضبسح اٌّدزّغ اإلعالِٟ. ٠ٛضر رذفك ّٚٔٛرج زّىخ ثشىً ػبَ أْ زّىخ ػبٌّخ )داػٟ) ِّبسعزٗ اٌزجش١ش٠خ شفٙ١خ شبٍِخ )اٌّؼٍُ ، صٛفٟ ، اٌّفص١ش ، خط١ت( ، اٌمالَ )اٌىزبثخ ٚاألدة( ٚوً شٟء )اٌزٕظ١ ، ُاٌغ١بعخ ، اٌسىِٛخ ، سخبي اٌذٌٚخ(. اٌىٍّبد اٌّفزبز١خ: زّىخ ،رّٕ١خ اٌّدزّغ اإلعالِٟ ،اٌذػٛح ٚاٌزصٛف اٌسذ٠ث

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29583

Actions (login required)

View Item View Item