PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS AN-NUR PELOPOR BANDARJAYA

Dian, Laillia Malik (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MTS AN-NUR PELOPOR BANDARJAYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIAN LAILLIA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah sebagai supervisor harus mampu mengadakan pengendalian terhadap guru dengan tujuan meningkatkan kompetensi profesional guru dan kualitas proses pembelajaran agar berlangsung secara efektif dan efisien. Peran kepala madrasah sebagai kepala madrasah sebagai supervisor bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru dalam melaksanakan tugasnya dalam kegiatan pembelajaran, guna meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MTs An-Nur Pelopor Bandarjaya. Penelitian ini merupakan peneitian kualitatif. Subjek peneltian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum dan perwakilan guru sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kopetensi profesional guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan maka terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi kinerja guru dapat dilihat dari indikator mengadakan kunjungan kelas, mengadakan kunjungan observasi, membimbing guru-guru tentang cara-cara mempelajari pribadi siswa dan mengatasi problema yang dialami siswa, membimbing guru-guru tentang pelaksanaan kurikulum sekolah, Mengadakan pertemuan atau rapat, mengadakan diskusi kelompok, dan mengadakan penataran�penataran sudah terlaksana. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Supervisi, Kompetensi Profesional Guru iv ABSTRACT The head of the madrasa as supervisior must be able to exercise control over the teacher with the aim of increasg the work ablity of the learning process so that ittakesplace effectively and efficiently. The role of the madrasa had as the head of the madrasa as supervisior aims to find out how fr the techer is in crrying out his duties in learning activities, in order to improve teacher performance. This study aims to identify and explain the techniques of supervising the madrasah principal at MTs An-Nur Pelopor Bandarjaya. This reseach is a qualitative research. The subjects of this study were the head of the madrasah, deputy head of the curriculum and teacher repsentatives at MTs An-Nur Pelopor Bandarjaya. Data collection is done by using interviws. Checking the validty of the data is done b triangulation of source. Data analysis was carried out by giving meaning tothe data that meaning a conclusion was drawn by describing it descriptively. The results of this research and discussion showed that the principal as a supervisor plays a very important role in improving the performance of teachers at MTs An-Nur Pelopor Bandarjaya. problems experienced by students, guiding teachers in matters relating to the implementation of the school curriculum, holding meetings or meetings, holding and guiding group discussions, holding training courses. Keyword : Madrasah Principal, Supervision,Teacher Professional Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:08
Last Modified: 10 Aug 2023 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29581

Actions (login required)

View Item View Item