PENGARUH CASH HOLDING DAN INTELLECTUAL CAPITAL SYARIAH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Periode 2017-2021)

ANTA, NOVITA (2023) PENGARUH CASH HOLDING DAN INTELLECTUAL CAPITAL SYARIAH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Periode 2017-2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,5 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANTA (1) (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual. Bila perusahaan menawarkan saham perusahaanya ke pasar, maka nilai perusahaan tersebut akan tercermin dari harga sahamnya. Tujuan utama dari perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Memaksimalkan nilai perusahaan sangatlah penting bagi perusahaan, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan yang berarti juga memaksimalkan kemakmuran pemegang saham yang merupakan tujuan utama perusahaan. Sehingga nilai perusahaan menggambarkan seberapa baik atau buruk manajemen mengelola kekayaannya, dalam hal ini bisa dilihat dari pengukuran kinerja keuangan yang diperolehnya. Oleh karena itu adapun faktor yang diduga mempengaruhi nilai perusahaan antara lain Cash Holding dan Intellectual Capital Syariah.. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Cash Holding dan Intellectual Capital Syariah berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh Cash Holding dan Intellectual Capital Syariah terhadap nilai perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Resources based theory, agency theory dan shariah enterprise theory. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 perusahaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 14 perusahaan atau 70 sampel data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Cash Holding tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan Intellectual Capital Syariah berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di ISSI periode 2017-2021. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Cash Holding dan Intellectual Capital Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:53
Last Modified: 10 Aug 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29563

Actions (login required)

View Item View Item