PENETAPAN HARGA PROMOSI PENJUALAN TIKET SISTEM ONLINE DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi pada PT. Garuda Indonesia Tanjung Karang Bandar Lampung)

M., PUTRA SAI HELAU (2023) PENETAPAN HARGA PROMOSI PENJUALAN TIKET SISTEM ONLINE DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi pada PT. Garuda Indonesia Tanjung Karang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era globalisasi kebutuhan masyarakat akan transportasi terus meningkat. Salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat adalah moda transportasi penerbangan, sehingga berbagai program promosi turut diterapkan oleh perusahaan jasa penerbangan, salah satunya oleh PT Garuda Indonesia. Dengan menerapkan program tiket promosi melalui sistem online, PT Garuda Indonesia berusaha dapat memenuhi kebutuhan akan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi. Akan tetapi karena masayarakat Indonesia merupakan mayoritas muslim maka perlu adanya pengkajian terhadap program�program terkait muamalah. Berdasrkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimmana pentetapan harga promosi dalam penjualan tiket online pada PT. Garuda Indonesia Tanjung Karang Bandar Lampung?; 2) bagaimanaa pandangan hukum Islam terhadap penetapan harga promosi dalam penjualan tiket online pada PT Garuda Indonesia Tanjung Karang Bandar Lampung? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui penetapan harga promosi tiket sistem online pada PT. Garuda Indonesia, Tanjung Karang, Bandar Lampung; 2) untuk mengetahui pandangan hukum Islam dalam penetapan harga promosi penjualan tiket sistem online pada PT. Garuda Indonesia, Tanjung Karang, Bandar Lampung. Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan daya yang digunakan yaitu; wawancara dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif guna menjelaskan keseluruhan proses penetapan harga promosi tiket sistem online pada PT. Garuda Indonesi Tanjung Karang Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa: 1) penetapan harga promosi tiket sistem online pada PT Garuda Indonesia Tanjung Karang Bandar Lampung dipertimbangkan dan diputuskan oleh PT Garuda Indonesia pusat di Jakarta. 2) pandangan hukum Islam terhadap penetapan harga promosi dalam penjualan tiket online pada PT Garuda Indonesia telah sesuai dengan kaidah syari’ah yang berlaku, sehingga dapat disebut sebagai halal dan aman. Kata Kunci: Penetapan Harga Promo, Tiket Online, PT Garuda Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 06:20
Last Modified: 10 Aug 2023 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item