PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

NINGSIH, Warsikin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA Oleh : NINGSIH Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV yang diberi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) dengan bahan ajar gamifikasi, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division), dan model konvensional. Dalam penelitian ini meggunakan Quasy Eksperimental Design. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran STAD (Students Teams Achievement Division) dengan bahan ajar gamifikasi dan variabel terikat (Y) adalah pemahaman konsep matematis siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Hidayah Sriminosari Labuhan Maringgai Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pretest, posttest dan control design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes yang diberikan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis variansi (anava) satu jalan. Dari hasil uji anava N-gain didapat bahwa nilai yang artinya terdapat perbedaan berdasarkan kemampuan pemahaman konsep antara ketiga kelas yang digunakan dalam penelitian, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi SPLDV antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bahan ajar gamifikasi, dan model pembelajaran konvensional. Dari hasil perhitungan SPSS’ dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bahan ajar gamifikasi lebih baik kualitasnya dari pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Bahan Ajar Gamifikasi; Model Pembelajaran Kooperatif; SPLDV; STAD (Students Teams Achievement Division)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:38
Last Modified: 10 Aug 2023 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29559

Actions (login required)

View Item View Item